jenis bank

8 Jenis Bank yang Harus Kamu Tahu

Banyak jenis bank yang tersebar di seluruh Indonesia ini. Jenis tersebut marak digunakan sebagai tempat penyimpanan uang, selain itu bank juga memiliki fungsi lain. Seperti memberikan kredit maupun jasa bagi para nasabahnya. Lihat juga berbagai 8 rekomendasi lainnya dalam situs IndoSuggest yang akan membantu kamu.

Secara lebih detail, jenis dari bank tersebut dikategorikan dalam berbagai faktor. Misalnya berdasarkan fungsi, status, kepemilikan, maupun operasionalnya. Nah, pada kesempatan ini yang dibahas meliputi macam-macam bank secara umum.

Jenis Bank yang Sering Digunakan di Indonesia

Nah, di bawah ini merupakan beberapa daftar dari bank berdasarkan kepemilikannya. Dibedakan menjadi bank yang dimiliki pemerintah dan bank yang dimiliki swasta nasional. Selain itu, sebenarnya ada bank yang dikenal dimiliki koperasi, campuran, maupun asing.

  1. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Jenis bank ini merupakan salah satu yang paling besar di Indonesia, tergolong dalam bank berdasarkan kepemilikannya. BRI dilahirkan pada tahun 1895 dengan nama asli De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden. Dinamakan demikian, karena BRI didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah.

  1. Bank Negara Indonesia (BNI)

Siapa yang tidak kenal BNI? Merupakan bank yang lebih muda. Pasalnya, BNI didirikan pada tahun 1946. Inovasinya dalam dunia keuangan patut diacungi jempol, sampai saat ini BNI setidaknya memiliki sekitar 27 layanan. Informasi lebih lengkap dapat kamu kunjungi kantor BNI untuk menanyakannya. Oya, BNI juga masuk dalam bank milik pemerintah tepatnya BUMN.

  1. Bank Tabungan Negara (BTN)

Didirikan pada 1897 dengan nama awal Postspaarbank. Sampai sekarang, bank BTN berdiri dengan berbagai layanan termasuk simpan dan pinjam. Pada rentang waktu terdapat perubahan slogan dari BTN. Misalnya ini: Mengembangkan Tradisi Menabung dan Membangun (1992-2000), Berpengalaman Melayani Keluarga Indonesia (2000-2011), Sahabat Keluarga Indonesia (2011-sekarang).

  1. Bank Mandiri

Merupakan jenis bank BUMN, dengan fokus industri keuangan. Bank ini didirikan tepatnya pada Oktober 1998, yang sampai sekarang dikenal sebagai bank dengan aset terbesar. Jika kamu tahu Bank Mandiri Syariah, maupun Mandiri Taspen, kedua bank tersebut merupakan anak perusahaan Mandiri Group.

  1. Bank Central Asia (BCA)

Merupakan bank dengan jenis terbuka atau publik. BCA adalah jenis bank milik swasta nasional, dengan nama PT Bank Central Asia Tbk. Didirikan di Jakarta pada Februari 1957, informasi lainnya dapat kamu akses melalui situs resmi bank ini. Sebagaimana berbagai bank lainnya, terdapat beragam fasilitas layanan tentang keuangan yang akan membantu kamu.

  1. Bank Muamalat

Dari namanya, kamu pasti sudah dapat menebak bahwa operasi Bank Muamalat dilakukan dengan menerapkan sistem syariah Islam. Selain itu, Muamalat juga sebagai penerap sistem tersebut pertama di Indonesia. Didirikan pada 1991 di Jakarta, dengan jenis publik atau dimiliki swasta nasional.

  1. Bank Danamon

Walaupun sering dikenal sebagai Bank Danamon, jenis bank ini memiliki nama panjang yaitu PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Dirilis di Jakarta pada Juli 1956, setiap bank selalu memiliki sejarah panjang hingga dapat dikenal sampai sekarang. Perkembangan tersebut merupakan bagian dari proses kerja keras yang menghasilkan.

  1. Bank Mega

Bank Mega merupakan salah satu bank lainnya yang berbentuk Perseroan Terbatas atau PT. Nah, nama lengkap bank ini adalah PT Bank Mega Tbk. Didirikan pada 1992 dengan nama Mega Bank, dan pada tahun 1997 diubah menjadi Bank Mega. Begitu pula dengan slogan, mengalami banyak perubahan. Sekarang, slogan Bank Mega adalah Memberikan Keuntungan Sepanjang Masa.

Itulah berbagai bank yang sering digunakan masyarakat, jenis lainnya sangat banyak sekali. Berdasarkan statusnya ada bank devisa dan bank non-devisa. Kalau berdasarkan kegiatan operasionalnya ada bank konvensional dan bank syariah.

Itulah macam-macam jenis bank yang harus kamu ketahui sebelum membuka rekening. Jangan lupa untuk mengelola keuangan Anda dengan bukubank.com untuk aktifitas keluar masuk uang yang stabil dan mudah di periksa.

Scroll to Top