Cara Agar WooCommerce Mendukung Pembayaran Otomatis

Menjalankan bisnis online di berbagai platform menjadi salah satu trend dalam dunia bisnis saat ini. Salah satu yang bisa menjadi platform berbisnis online ini adalah WordPress melalui pluginnya yang bernama WooCommerce. Para pemilik bisnis online ini pun berusaha mempermudah konsumennya, misal dengan membuat konsumen bisa melakukan pembayaran lebih mudah dengan menambahkan plugin payment gateway pada toko onlinenya. Plugin ini bisa Anda dapatkan di bukubank jika Anda membutuhkannya.

Cara Pembayaran Otomatis Woocommerce dengan BukuBank

Payment gateway ini adalah layanan dari bisnis online yang memungkinkan untuk pemrosesan pembayaran secara otomatis, baik melalui kredit, debit ataupun metode pembayaran lain. Dengan adanya gateway ini akan memfasilitasi transaksi antara toko online dengan bank dengan cara mentransfer informasi pentingnya. Jadi pelanggan tidak perlu lagi memilih transaksi melalui bank, baik itu bank BNI atau BRI maupun bank lainnya.

Kebanyakan toko online menggunakan cara transfer manual, sehingga ketika ada pembayaran dari konsumen, pemilik masih harus mengecek laporan mutasi rekeningnya. Tujuannya untuk memastikan apakah transaksi sudah dilakukan dan jumlah yang ditransfer sudah sesuai. Cara ini adalah pengelolaan keuangan toko online yang sebenarnya kurang efektif.

Nah, dengan adanya payment gateway ini, proses pembayaran otomatis bisa dilakukan oleh konsumen. Pemilik toko online pun tidak perlu mengecek mutasi rekening secara manual. Setelah jumlah yang ditransfer oleh konsumen sudah benar, maka status pembayaran yang diterima oleh toko online pun akan berubah menjadi selesai. Sehingga, toko bisa langsung memproses pesanan.

Untuk bisa membuat toko online seperti Woocommerce ini mendukung pembayaran otomatis sebenarnya tidak terlalu ribet. Anda bisa memanfaatkan berbagai api mutasi seperti bukubank yang menyediakan plugin payment gateway sekaligus penghubung transaksi antara pembeli dan penjual. Untuk membuat WooCommerce mendukung pembayaran otomatis ini, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

1. Masuk ke BukuBank untuk Proses Registrasi

Langkah pertama, Anda harus masuk ke alamat bukubank.com terlebih dahulu untuk melakukan registrasi. Bukubank ini sendiri bukan hanya aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk cek mutasi otomatis saja, namun juga membuat toko online bisa melakukan pembayaran otomatis. Situs ini memang menyediakan layanan cek mutasi saldo dengan lebih mudah dari berbagai bank dalam satu situs.

2. Isi Data dan Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Jika sudah, selanjutnya isi data yang dibutuhkan sekaligus siapkan dokumen yang dibutuhkan. Mulai dari scan ktp, npwp dan buku Rekening bank Anda. Dokumen-dokumen tersebut akan dibutuhkan untuk melakukan proses registrasi.

3. Hubungkan dengan Woocommerce

Jika sudah, selanjutnya hubungkan antara bukubank.com dengan Woocommerce. Caranya, login ke WordPress terlebih dahulu lalu pada sidebar di sebelah kiri, pilih WooCommerce. Selanjutnya, masuk ke Settings. Pada menu settings ini, pilih opsi ‘CheckOut’ lalu scroll ke bawah sampai Anda menemukan menu Payment Gateway dan pilih metode pembayaran yang diinginkan.

4. Atur Konfigurasi Pembayaran Otomatis

Setelah itu, Anda hanya perlu mengatur konfigurasi di WooCommerce. Bukubank sendiri sudah menyediakan plugin ini yang sudah siap pakai. Jadi, ketika Anda akan membuat pembayaran secara otomatis, Anda bisa memanfaatkan jasa dari bukubank ini. Setelah menggunakan plugin ini, pembayaran dari pelanggan melalui bank apapun, baik itu bank BCA, Mandiri atau bank lain akan terhubung secara otomatis.

Itu tadi adalah gambaran secara umum tentang cara agar WooCommerce bisa mendukung pembayaran otomatis. Jadi tidak hanya menjadi aplikasi cek mutasi yang memungkinkan Anda mengecek mutasi rekening lebih mudah tanpa harus ke atm atau bank, situs ini juga akan memudahkan Anda dalam mengelola toko online. Tunggu apalagi? Percayakan pembayaran otomatis woocommerce Anda pada bukubank sekarang juga.

Scroll to Top