Cara Cepat Validasi Pembayaran yang Masuk ke Rekening

Anda adalah seller online dan menerima pembayaran dari buyer atau customer. Agar cek mutasi lebih cepat dan valid, ada beberapa cara yang bisa dipakai. Disisi lain, Anda harus cek laporan dari beberapa rekening. Cara cek satu per satu tentu merepotkan sehingga membutuhkan aplikasi satu pintu. Pilihan yang tepat adalah bukubank.

Beberapa Cara untuk Melakukan Validasi Pembayaran di Rekening

Bisnis online di Indonesia mengalami perkembangan pesat. Penjual dan pembeli tidak lagi  harus tatap muka secara langsung. Mereka memakai marketplace dan toko online. Cara ini lebih praktis dan cepat. Selain itu, transaksi pembayaran juga akan melalui validasi yang aman. Pembeli dapat menggunakan atm untuk transaksi selama uang tersebut masuk ke rekening. Agar cek lebih cepat, beberapa cara berikut bisa diterapkan.

1. Laporan mutasi langsung

Laporan mutasi yang paling mudah adalah struk saat transfer uang di atm. Anda melihat keterangan yang berisi beberapa detail mengenai transaksi. Informasi ini sangat penting karena pihak penerima dan pengirim akan memiliki laporan yang sama. 

Contoh laporan lain yaitu struk online yang sering dicetak saat bertransaksi di aplikasi atau internet banking. Anda juga memperoleh data yang sama. Keterangan mengenai rekening bank perlu diperhatikan seksama apalagi jika transaksi berasal dari bank berbeda.

2. Aplikasi cek mutasi pembayaran

Toko online berusaha menyediakan metode pembayaran yang bervariasi. Mereka menyiapkan rekening di beberapa bank. Jika hanya satu atau dua, cek langsung bukan hal sulit. Akan tetapi, Anda memiliki lebih dari tiga. Agar lebih efektif dan aman, gunakan aplikasi cek mutasi.

Bukubank merupakan api mutasi yang membantu user untuk memantau transaksi dan aktivitas mutasi di satu platform. Sebagai pengguna, Anda tidak perlu bingung ketika memakai beberapa bank. Buka aplikasi tersebut dan lihat pergerakan keluar masuk uang. Selain itu, aplikasi juga menyediakan fitur notifikasi otomatis.

3. Mbanking

Cara lain untuk cek mutasi yang cepat dan valid yaitu mbanking. Layanan ini berasal dari sistem perbankan dimana pemilik rekening akan menerima sms atau pesan yang menyatakan transaksi telah berlangsung. Cek mutasi otomatis tersebut berguna untuk mereka yang berada di situasi dimana internet tidak tersedia. Keunggulan seperti ini masih tetap dipertahankan hingga kini. Perlu Anda ketahui, mbanking merupakan layanan yang sudah berjalan puluhan tahun sehingga sistem dan fitur serta keamanan sudah teruji dengan baik termasuk beberapa update terbaru.

Beberapa bank seperti bca dan mandiri memiliki opsi untuk para nasabah. Saat ingin memakainya, mereka perlu mendaftar dan mengaktifkan serta update data terbaru. Hal yang sama juga berlaku untuk bank lain seperti  bri dan bni. Keduanya memiliki sistem mbanking yang real time. Pesan dikirim ke nomor nasabah secara otomatis.

Ketepatan dan kecepatan validasi pembayaran dana dari transfer dan mutasi memiliki fungsi krusial. Pemilik bisnis online tidak ingin mengecewakan pembeli dan customer karena proses verifikasi berlangsung lama. Meskipun uang sudah masuk, mereka perlu memastikan bahwa saldo di rekening bertambah. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, beberapa cara tersedia dan masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Anda bisa cek satu per satu jika skala bisnis masih kecil. Akan tetapi, transaksi yang sering terjadi membuat omzet naik sehingga harus diatur dan dikelola dengan praktis. Daripada memakai sistem cek keuangan manual, solusi paling ideal yaitu memakai bukubank. Satu platform bisa dipakai untuk mengelola beberapa rekening secara bersamaan di Indonesia.

Scroll to Top