Cara Membuat Payment Gateway untuk Toko Online

Melakukan bisnis secara online di marketplace dan sosial media serta beberapa situs untuk toko online tentu membutuhkan banyak hal, salah satunya payment. Untuk pembayaran, Anda bisa memakai payment gateway yang mencakup semua transaksi dan sesuai dengan platform yang ada. Pembayaran terkoneksi dan terintegrasi langsung ke rekening di bank. Untuk memenuhi keinginan konsumen dan menjangkau pasar lebih luas, Anda memiliki lebih dari satu atau dua rekening. Agar pengelolaan lebih efisie dan aman, platform bukubank akan mengelola semua rekening secara langsung di satu pintu.

Cara membuat dan menerapkan payment gateway untuk bisnis online

Istilah payment gateway adalah sebuah cara pembayaran contohnya kartu kredit, dompet digital, transfer, dan sebagainya. Agar bisa melakukan transaksi, sistem pembayaran ini harus sudah tersedia di bisnis. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai topik tersebut, simak ulasan berikut ini.

1. Platform toko online

Dalam jualan online, pembeli biasanya membayar via transfer di marketplace. Cara bayar yang lainya dari aplikasi mobile khusus untuk e-money. Selain itu, konsumen juga bisa membayar via kartu kredit dan debit. Semua metode tersebut adalah payment gateway yang mendukung transaksi untuk bisnis. Anda dapat memperkirakan omzet berdasarkan estimasi pembayaran yang sudah diterapkan.

2. Produk dan jasa

Sebelum menentukan platform apa untuk pembyaran, Anda perlu mengecek model belanja online yang dipakai. Jika memakai marketplace, payment gateway sudah terintegrasi sehingga penjual hanya butuh mengisi keterangan rekening dan akun terkait dengan penerimaan uang. Pembayaran yang dulu dengan tunai sudah berganti menjadi sistem online. Cara ini juga berlaku untuk bisnis ukm sehingga menjangkau pasar dan konsumen lebih luas.

3. Rekening bank

Untuk membuat payment gateway, Anda membutuhkan rekening bank di beberapa layanan perbankan. Anda sebaiknya memiliki lebih dari satu agar mampu memenuhi keinginan konsumen yang berbeda. Rekening tersebut bisa dikelola dengan efisien di platform bukubank jadi mudah untuk memantau. Transaksi di sistem pembayaran ini adalah penerimaan dana dari pembeli ke penjual jika penjualan berlangsung di online store.  Sebaliknya, uang akan terkumpul di akun marketplace lalu dicairkan apabila memakai platform tersebut.

4. Jenis transaksi dan pilihan metode

Payment gateway menentukan jenis transaksi yang kemungkinan besar tersedia untuk konsumen. Anda memilih metode seperti ibanking yaitu transaksi pembayaran via internet baik dari aplikasi maupun website. Mayoritas bank sudah menerapkan sistem ini sehingga harus diletakkan sebagai prioritas. Selain itu, ada juga mbanking yaitu transaksi menggunakan sms layanan seluler. Ini cara lama yang masih efektif dan payment gateway harus mendukung fitur tersebut.

5. Verifikasi transaksi Toko Online

Setiap sistem yang dipakai memiliki fitur verifikasi transaksi untuk memastikan pembayaran berlangsung valid. Anda juga bisa mengecek saldo dan transaksi terakhir secara real time. Apabila ada delay dan kendala, platform pembayaran akan memberikan notifikasi lalu Anda cek ulang di rekening.

Platform yang efisien dan terjamin akan mencegah gangguan apalagi bisnis online dan transaksinya sangat rentan. Anda memilih metode pembayaran dimana pihak penjual dan pembeli sudah saling mengerti bagaimana prosedurnya. Tentu saja, keamanan di biang keuangan selalu ditingkatkan agar tidak ada masalah di masa depan.

Setiap transaksi harus memiliki bukti dan verifikasi sehingga menjadi valid dan ada ketetapan hukum yang jelas. Anda mengelola berbagai payment dan rekening sehingga kesulitan untuk mengecek satu per satu. Situasi ini perlu diselesaikan dengan baik melalui bukubank yaitu platform untuk mengelola banyak rekening sekaligus dengan efisien

Scroll to Top