Cara Mengaktifkan Notifikasi Transaksi Bank dengan Mudah

Mengecek transaksi yang terjadi di dalam rekening merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga keamanan dana di dalam rekening bank Anda. Hal ini terutama dibutuhkan oleh para pelaku bisnis online dimana setiap hari pasti ada transaksi yang masuk ke rekeningnya. Pihak bank memudahkan Anda melakukan fungsi ini melalui layanan sms banking. Namun kini, ada cara lebih mudah yang bisa Anda lakukan yakni melalui situs bukubank.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Notifikasi Transaksi yang Mudah dan Cepat

Anda yang menjalankan bisnis jualan online seperti di Woocommerce juga sudah ada plugin tersendiri yang memungkinkan Anda mendapat notifikasi ketika konsumen sudah menyelesaikan pembayaran. Namun secara umum, setiap nasabah pasti juga ingin mengetahui transaksi apa saja yang terjadi pada rekeningnya.

Kalau Anda memiliki toko online di WordPress melalui fitur WooCommerce yang secara khusus digunakan untuk menjalankan bisnis online, akan ada plugin yang mengatur tentang pembayaran otomatis bagi konsumen. Cara ini diakui sangat menguntungkan, karena setiap transaksi yang berhasil dilakukan oleh konsumen akan masuk ke notifikasi Anda.

Berbeda dengan para pemilik bisnis yang dijalankan secara online, nasabah dari masyarakat umum pun tetap bisa memantau aktivitas keuangan di rekening Anda dengan mudah. Setiap bank memberikan layanan ini pada nasabahnya. Nasabah pun bisa mengatur sendiri kapan notifikasi transaksi bisa masuk serta jumlah minimal saldo transaksi agar notifikasi tersebut bisa masuk. Hal ini karena tidak semua nasabah merasa perlu untuk mendapat notifikasi tersebut.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan notifikasi transaksi untuk mengetahui transaksi dana yang masuk ke rekening Anda ini? Kalau mengetahui history transaksi, Anda bisa melakukannya melalui fitur mbanking yang dimiliki oleh setiap bank. Baik Bank BCA, Mandiri atau bank lain pun sudah memiliki fitur ini. Sedangkan untuk mendapat notifikasi, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan.

1. Melalui Layanan SMS Notifikasi

Layanan sms notifikasi ini bisa Anda lakukan melalui berbagai cara. Seperti misalnya di Bank BRI, Anda bisa mengaktifkannya melalui ibanking, atau datang langsung ke kantor cabang terdekat. Untuk mengaktifkan dari internet banking, caranya adalah sebagai berikut.

2. Login ke Situs Resmi Bank BRI

Langkah pertama, login dulu ke laman https://ib.bri.co.id. Jangan lupa masukkan ID user dan password yang Anda gunakan. Jika sudah, selanjutnya Anda akan melihat banyak menu di tampilan utamanya.

3. Pilih Menu Transaksi ‘Layanan Nasabah’

Setelah itu pilih pada menu ‘Layanan Nasabah’ kemudian pilih lagi ‘Layanan Lain’ kemudian pilih pada pilihan daftar ‘Sms notifikasi. Selanjutnya tinggal ikuti instruksi yang diberikan di dalam aplikasi tersebut. Maka selanjutnya Anda bisa mendapatkan notifikasi untuk setiap transaksi yang terjadi di akun Anda. Bank lain seperti Bank BNI juga bisa melakukan layanan ini. Anda pun bisa mendaftar melalui ATM, mobile banking atau melalui internet banking.

4. Melalui Bukubank.com

Cara kedua yang tak kalah memudahkan adalah melalui situs bukubank. Situs ini bukan hanya situs cek mutasi otomatis yang akan memberikan Anda laporan  mutasi rekening secara lengkap saja. Anda juga bisa mengaktifkan notifikasi transaksi disini.

Bukubank.com ini tidak hanya menjadi aplikasi cek mutasi rekening yang bisa Anda andalkan. Melalui api mutasi ini Anda bisa mengaktifkan notifikasi transaksinya dengan lebih mudah. Tinggal daftarkan nomor dan rekening tabungan Anda untuk bisa mendapatkan notifikasi dari situs ini.

Itu tadi adalah beberapa cara mengaktifkan notifikasi transaksi bank yang bisa Anda lakukan. Melalui bukubank, Anda tidak hanya bisa mengecek mutasi rekening, namun juga mengaktifkan notifikasi transaksi ini. Notifikasi yang Anda dapatkan pun beragam, mulai dari sms, email hingga telegram.

Scroll to Top