Cara Mengatasi iBanking Susah Login dan Lupa Password

Setiap pemilik rekening digital paling tidak pernah mengalami susah login di ibanking atau lupa password akun. Tidak jarang, hal ini membuat sebagian orang panik dan berpikir buruk, misalnya akun telah diretas oleh pihak tak bertanggung jawab. Padahal, cara mengatasinya terbilang mudah, hanya perlu beberapa usaha. Jika ingin melihat catatan mutasi pun, kini telah ada aplikasi seperti Bukubank.

Solusi untuk iBanking Susah Login dan Lupa Password

1. Sikap yang perlu dimiliki

Hadirnya digitalisasi perbankan memang membawa efek positif bagi kehidupan masyarakat, tetapi di satu sisi juga semakin memicu peningkatan jenis kriminal melalui internet. Sudah tidak terhitung lagi betapa banyak cyber crime yang dapat disaksikan melalui media informasi akibat kecerebohan individu. Sering kali kejahatan dilakukan melalui peretasan rekening bank.

Salah satu ciri umum yang dapat dideteksi adalah, Anda jadi kesulitan login di akun mbanking atau semisalnya. Sering kali password tidak sesuai dengan nama pengguna, padahal sebelumnya aman-aman saja.

Situasi demikian tidak jarang memicu pikiran buruk dan rasa was-was, terlebih jika nominal saldo di rekening berjumlah besar. Sebenarnya, sikap terbaik yang perlu dimiliki saat mengalami kejadian serupa adalah tetap menjaga ketenangan.

Pasalnya, pikiran yang tidak tenang acap kali membuat masalah jadi lebih besar. Padahal, semula barangkali biasa saja. Lagi pula, setiap bank memiliki layanan pelanggan di mana siap sedia membantu kesulitan nasabah. Jadi, tetap tenang adalah hal paling utama yang harus Anda lakukan sebelum mengatasi persoalan inti.

2. Cek mutasi rekening melalui Bukubank

Selanjutnya, Anda perlu mengecek mutasi rekening saat susah login atau lupa password. Ini bertujuan untuk mencari tahu di mana letak permasalahannya, apakah memang akibat pihak tak bertanggung jawab atau sebatas teknis saja.

Masalahnya, hal ini menjadi sedikit sulit dilakukan karena umumnya nasabah harus menemui teller atau mesin ATM terdekat. Padahal, bisa jadi lokasi rumah Anda cukup jauh dari kedua layanan tersebut.

Maka dari itu, perlu aplikasi pihak ketiga untuk memudahkan proses pengecekan laporan mutasi. Untungnya sudah ada Bukubank yang akan mengakomodir hal tersebut, di mana Anda akan memperoleh tampilan mutasi dalam satu dashboar saja.

Aplikasi yang memungkinkan nasabah mengetahui riwayat transaksi di rekening tanpa membuka akun perbankan digital asalkan sebelumnya telah melakukan registrasi dan verifikasi. Berkat ini, Anda dapat dengan mudah memperoleh catatan mutasi serta memastikan masalah yang sebenarnya melandasi susah login tadi.

Aplikasi cek mutasi ini juga mendukung sistem pembayaran yang diautomatisasi sehingga lalu-lintas Anda akan tercatat dengan baik. Apalagi, laporannya dapat diterima melalui Telegram, email, dan URL.

3. Cara bikin password baru

Jika Anda mengalami susah login atau lupa password di akun perbankan digital, maka solusi paling praktis adalah membuat sandi baru. Baik pada BRI atau instansi yang lain, Anda akan selalu menemukan tools Lupa Password.

Klik tools tersebut, lalu akan muncul tampilan syarat dan ketentuan. Pastikan Anda membacanya sebelum menekan tombol validasi persetujuan. Biasanya, bantuan pembuatan sandi baru terintegrasi langsung dengan alamat email. Selanjutnya, setiap instansi punya kebijakan sendiri. Anda hanya perlu mengikuti panduan yang berlaku.

Jika telah membuat password baru, Anda bisa mencoba login lagi. Apabila masih mengalami kendala, langkah berikutnya adalah mendatangi kantor cabang, katakanlah BNI, terdekat dan meminta bantuan kepada karyawan yang bertugas.

Masalah susah login dan lupa password memang sering kali bikin pusing. Karena itu, ada baiknya berlangganan Bukubank sebagai bentuk kewaspadaan. Jika di kemudian hari Anda mengalaminya, bisa segera mengecek api mutasi melalui https://bukubank.com/.

Scroll to Top