Mengelola Banyak Rekening

Cara Mengelola Banyak Rekening dalam Satu Aplikasi

Bagi sebagian orang memilih untuk menyimpan uang yang dimilikinya pada tempat yang berbeda, sehingga menyebabkan mereka memiliki rekening bank lebih dari satu. Kini telah terdapat kemudahan dalam mengelola berbagai rekening yang Anda miliki, yaitu cukup dengan menggunakan aplikasi tertentu. Hal tersebut menjadikan Anda lebih mudah dalam mengetahui mutasi rekening pada bukubank.

Cara Mengelola Banyak Rekening dalam Satu Aplikasi dengan Efektif

1. Membuat Budget dengan Rutin

Anda dapat menyusun budgeting untuk memudahkan dalam mengendalikan pengeluaran yang akan Anda lakukan di masa mendatang. Hal tersebut dapat menjadi langkah antisipatif supaya pengeluaran yang Anda lakukan tidak melebihi pendapatan. Ketika Anda mempunyai lebih dari satu rekening, Anda dapat menggunakan setiap rekening untuk hal yang berbeda.

Anda dapat melakukan budgeting ini selama beberapa kali dalam kurun waktu tertentu, misalnya saja satu bulan sekali di awal bulan. Dengan adanya pengaturan penggunaan saldo yang Anda miliki, Anda akan menjadi lebih teratur dalam mengelola dana yang Anda miliki.

Anda pasti dapat membedakan kebutuhan Anda setiap bulannya. Untuk bulan tertentu di mana jatuh tempo pembayaran tagihan tertentu, maka Anda dapat mengalokasikan dana yang lebih besar dibandingkan dengan bulan yang lain.

2. Meninjau Biaya Pemasukan dan Pengeluaran

Pemasukan maupun pengeluaran tentunya tidak selalu besar juga tidak selalu kecil. Oleh sebab itu,  Anda dapat mengelompokan transaksi ini dalam satu atm. Misalnya saja menggunakan rekening bca untuk pengeluaran besar dan menggunakan rekening bri untuk pengeluaran yang kecil.

Kondisi keuangan yang terpantau dengan baik tidak akan membuat Anda bingung dari mana saja uang yang Anda miliki dan untuk apa saja uang tersebut dibelanjakan. Supaya Anda tidak perlu datang ke bank, anda dapat menggunakan fasilitas mbanking.

3. Membuat Pembukuan Rekening dengan Baik

Ketika Anda melakukan pemesanan atas produk pada toko online tertentu, Anda dapat langsung membuat pencatatan. Karena penundaan akan beresiko terlupa akan alokasi tabungan Anda. Selain itu, supaya Anda tidak kehilangan bukti, Anda dapat segera melakukan pembayaran sesegera mungkin, supaya kewajiban Anda lekas terpenuhi.

Untuk memudahkan transaksi tersebut, Anda dapat menggunakan ibanking, sehingga Anda tidak harus bertemu langsung dengan pihak kreditur untuk membayarkan tagihan. Apalagi dengan kondisi seperti saat ini yang sangat rawan, sehingga Anda membutuhkan solusi supaya Anda dapat mengatur bukubank dengan baik.

4. Memisahkan Rekening Pribadi dengan Rekening Usaha

Bagi Anda yang memiliki bisnis online, Anda dapat melakukan pemisahan antara kekayaan usaha dengan kekayaan pribadi. Tujuan hal tersebut supaya Anda dapat memantau bagaimana perkembangan dari usaha yang Anda lakukan.

Misalnya saja, Anda dapat menggunakan atm mandiri untuk transaksi terkait bisnis, dan menggunakan atm bni untuk transaksi atas kebutuhan pribadi. Dengan pemisahan ini, Anda juga dapat melakukan kendali atas tabungan Anda pada tempat yang berbeda.

5. Menganalisa Anggaran Satu Tahun Sekali

Analisa ini dilakukan supaya Anda dapat mengetahui apakah pengeluaran maupun pemasukan pada rekening Anda mengalami peningkatan, penurunan, atau bahkan tetap. Anda perlu berhati-hati dalam melakukan analisa, karena analisa yang salah akan menyebabkan kesimpulan yang tidak benar pula.

Apalagi jika Anda merupakan seorang pengusaha, maka sangat penting bagi Anda melakukan analisa. Selanjutnya Anda dapat membuat keputusan terkait keberlangsungan usaha Anda di masa yang akan datang.

Pengelolaan tabungan pada beberapa rekening sebenarnya mudah saja dilakukan. Anda hanya perlu memantau bukubank untuk mengetahui bagaimana lalu lintas transaksi yang Anda lakukan. Walaupun Anda memiliki rekening dalam jumlah yang banyak, pengelolaan tabungan tetap dapat dilakukan dengan sangat mudah, karena cukup menggunakan satu aplikasi.

Scroll to Top