Fitur-Fitur Perbankan yang Jarang Diketahui Orang

Sebagai pengguna layanan perbankan, sudah seharusnya seorang nasabah mengetahui layanan dan fitur apa saja yang ditawarkan oleh bank tempat Anda membuka rekening. Selain kartu ATM yang bisa digunakan di mesin ATM untuk menarik uang tunai dan transfer, ada fitur lain yang ternyata tidak banyak orang ketahui. Salah satu fitur tersebut bisa Anda nikmati juga di bukubank, sebuah aplikasi cek mutasi yang memudahkan.

Fitur-Fitur Perbankan Berikut Sangat Bermanfaat Namun Jarang Diketahui Orang, Anda Kenal Salah Satunya?

Anda pengguna layanan perbankan, entah itu Bank Mandiri, BRI atau bank lainnya pasti sudah cukup mengenal berbagai fitur perbankan yang umum digunakan. Seperti penggunaan atm untuk mengecek saldo rekening, fitur mobile banking, internet banking dan lain sebagainya bukan? Nah, ternyata selain berbagai fitur tersebut, masih ada lagi berbagai fitur perbankan yang tidak banyak diketahui orang.

Fitur-fitur perbankan yang tidak banyak diketahui orang ini juga tak kalah fungsional dan memudahkan transaksi dari rekening bank dibandingkan fitur-fitur sebelumnya. Namun ternyata masih belum banyak nasabah yang mengetahui dan menggunakan fitur tersebut. Apa saja fiturnya?

1. Fitur Notifikasi Transaksi

Selama ini, jika ingin melihat riwayat transaksi, kebanyakan orang akan menggunakan fitur pengecekan laporan mutasi yang disediakan oleh bank. Pengecekan itu bisa melalui mbanking, internet banking atau mencetak buku tabungan di kantor cabang yang digunakan langsung, contohnya kantor cabang BCA.

Namun, kini Anda bisa mendapatkan pemberitahuan setiap transaksi di rekening bank Anda lebih efektif melalui fitur notifikasi transaksi. Fitur ini memungkinkan Anda mendapatkan informasi aktivitas keuangan Anda lebih cepat dibandingkan harus mengecek mutasi.

Untuk mendaftarnya pun bisa Anda lakukan langsung di kantor cabang bank yang Anda gunakan, misal di kantor cabang bank BNI, terdekat dari lokasi Anda. Atau, Anda bisa juga memanfaatkan layanan dari pihak ketiga yang menyediakan fitur ini, seperti bukubank contohnya.

2. Mendukung Pembayaran Otomatis Toko Online

Kalau Anda memiliki toko online di WooCommerce misalnya atau di platform lain, sistem pembayaran otomatis adalah sistem pembayaran yang sedang banyak digunakan. Sistem ini memudahkan tidak hanya bagi pembeli saja, namun juga penjual.

Hal tersebut karena dalam metode pembayaran ini, sistem verifikasi pembayaran dilakukan oleh provider penyedia kepada bank. Jika pembayaran sudah benar dan valid, barulah diberitahukan kepada penjual. Cara ini dianggap lebih memudahkan karena penjual tidak perlu mengecek invoice transaksi pembeli satu per satu karena ketika mendapat notifikasi, maka itu artinya transaksi yang dilakukan oleh konsumen sudah valid.

Fitur perbankan ini juga bisa Anda dapatkan di situs bukubank.com. Situs ini tidak hanya menyediakan layanan cek mutasi otomatis dari berbagai bank melalui satu dashboard saja. Lebih dari itu, di api mutasi ini Anda juga bisa mendapatkan plugin yang bisa dipasang di toko online untuk menerapkan metode pembayaran otomatis tersebut.

3. Internet Banking

Fitur Internet banking atau ibanking memang sudah ada sejak lama dan disediakan oleh berbagai bank untuk memudahkan transaksi nasabahnya. Namun, sayangnya fitur ini kurang begitu dikenal secara luas oleh nasabah. Padahal disini Anda juga bisa mengelola dana di rekening Anda dengan mudah dan cepat. Meskipun transaksi yang bisa dilakukan tidak sebanyak mobile banking, namun perannya tak kalah memudahkan dan mempercepat transaksi nasabah.

Itu tadi adalah beberapa fitur perbankan yang jarang diketahui orang namun memiliki fungsi dan manfaat yang sangat signifikan untuk memudahkan transaksi. Untuk lebih memudahkan beberapa transaksi seperti mutasi rekening, mengaktifkan notifikasi transaksi dan lain sebagainya, Anda pun bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi bukubank.

Scroll to Top