Rekening koran

Peroleh Rek Koran Secara Mudah, Lantas Nikmati Berbagai Fungsi Pentingnya

Mungkin, Anda pernah melihat atau mendengar perihal rek koran atau rekening koran yang berkaitan dunia perbankan. Biasanya, rekening koran diminta suatu bisnis atau perusahaan sebagai syarat memperoleh visa ke luar negeri. Oleh karena itu, Anda bisa mengajukan rekening koran di bank-bank terdekat. Lantas, apa pengertian dan fungsi rekening koran?

Pengertian dan Fungsi Penting Rek Koran

Rekening koran berasal dari bahasa Belanda, yakni courant. Secara sederhana, rekening koran didefinisikan sebagai ringkasan transaksi keuangan keseluruhan dari sebuah rekening, baik untuk rekening perusahaan atau rekening individu. Sampai sekarang, data-data rekening koran mempunyai berbagai fungsi penting untuk nasabah. Oleh karena itu, rekening koran kerap dibutuhkan seseorang.

  1. Audit Keuangan Suatu Bisnis atau Perusahaan

Jika Anda seorang pelaku bisnis, maka pahami perihal fungsi-fungsi penting rekening koran dalam audit keuangan. Pasalnya, memakai rekening koran, perusahaan dapat merekap keuangan, baik tentang transaksi masuk atau keluar. Jadi, Anda bisa mengawasi proses keuangan. Selain itu, audit ini mampu menunjukkan transaksi wajar atau tidak pada sebuah rekening.

  1. Mengikuti Lelang

Lelang kerap diikuti orang-orang yang menyukai barang-barang eksklusif dengan nilai tertentu atau perusahaan untuk memperoleh kontrak yang menguntungkan. Nah, dalam prosesnya, lelang kerap meminta rekening koran, khususnya untuk lelang proyek pemerintah atau swasta. Tujuannya sebagai bukti kepemilikan dana dan menunjukkan jumlah saldo dalam suatu rekening.

  1. Syarat untuk Mengajukan Pinjaman atau Kredit

Ternyata, tanpa melampirkan rek koran, Anda tidak dapat mengajukan pinjaman atau kredit melalui sebuah bank. Misalnya kredit kendaraan bermotor, kredit tanpa agunan, kredit pemilikan rumah, dan lain-lain. Pasalnya, rekening koran berfungsi sebagai bukti alur keuangan yang sehat. Dengan demikian, bank berani memberi dana pinjaman atau kredit yang dibutuhkan.

  1. Sebagai Bukti Hukum yang Kuat

Fungsi rekening koran lainnya yang tidak kalah penting ialah sebagai bukti hukum. Hal ini berlaku jika Anda terlibat perselisihan yang melibatkan mutasi rekening. Misalnya, ketika transaksi online pembayaran tidak tercatat pada rekening penjual, maka pembeli dapat menyelesaikan masalah secara hukum melalui rekening koran sebagai bukti.

  1. Ringkasan Transaksi

Fungsi utama rekening koran ialah sebagai ringkasan transaksi keuangan, baik perihal transaksi masuk atau keluar. Pada dasarnya, rekening koran berfungsi layaknya sebuah buku tabungan, yakni menampilkan transaksi secara keseluruhan atau dalam kurun waktu tertentu. Akan tetapi, rekening koran tetap mempunyai keunggulan. Nah, kira-kira apakah Anda bisa menebak keunggulan-keunggulan tersebut?

Apabila dibandingkan dengan buku tabungan, rek koran dilengkapi dengan pesan-pesan terkait transaksi. Intinya, rekening koran melibatkan berbagai hal-hal detail yang tidak dimiliki buku tabungan. Biasanya, informasi dalam rekening koran meliputi saldo awal dan akhir, bunga bank, arus kredit-debit, dan biaya administrasi. Pokoknya, rekening koran mempunyai fungsi-fungsi yang mutlak.

Nah, sebelum teknologi berkembang seperti sekarang, nasabah biasa mengecek rincian transaksi, baik masuk atau keluar melalui rekening koran. Ketentuan waktu dan percetakan juga berbeda-beda sesuai aturan yang berlaku di setiap bank yang ada di Indonesia. Biasanya, percetakan membutuhkan waktu beberapa hari, sebab customer service membutuhkan persetujuan dari pejabat senior.

Akan tetapi, semua semakin efisien seiring kemajuan teknologi. Nasabah dapat mengakses transaksi keuangan secara online. Misalnya dengan memakai aplikasi bukubank.com. Dengan demikian, nasabah dapat melihat rincian transaksi hingga mutasi rekening melalui sebuah aplikasi di android. Pasalnya, data-data yang ada dalam rek koran mempunyai berbagai fungsi penting.

Scroll to Top