Mulai Bisnis Online

Mau Mulai Bisnis Online Tanpa Modal? Yuk, Intip Caranya

Mungkin, Anda merasa gaji yang diperoleh saat ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, mulai bisnis online tanpa modal menjadi solusi menambah penghasilan. Pasalnya, bisnis online merupakan usaha sampingan yang realistis, sebab dapat dilakukan siapa saja tanpa dibatasi tempat dan waktu, termasuk bagi pelajar dan mahasiswa.

Cara Mulai Bisnis Online Tanpa Modal

Ternyata, dengan memulai bisnis secara online, Anda dapat melakukan aktivitas jual beli tanpa membutuhkan toko fisik. Oleh karena itu, bisnis online semakin menjamur seiring perkembangan teknologi. Hal ini tidak terjadi begitu saja, melainkan bisnis online terbukti mampu memberi keuntungan. Lantas, bagaimana cara memulai bisnis secara online dan tanpa modal? 

  1. Memahami Produk, Kompetitor, dan Supplier Secara Mendalam

Cara pertama dalam memulai bisnis tanpa modal ialah dengan memahami produk, kompetitor, dan supplier produk tersebut. Pasalnya, ketiga aspek ini menentukan perkembangan dan kesuksesan sebuah bisnis di masa depan. Mengenai produk, Anda wajib mengetahui produk yang dijual secara online, baik perihal kualitas, harga beli dan jual, serta detail-detail lainnya.

Lantas, jangan lupa memahami selera pasar dan pastikan produk yang dijual banyak dibutuhkan masyarakat. Setelah itu, pahami kompetitor melalui riset secara online dan offline. Dengan demikian, Anda bisa menemukan keunggulan dan perbedaan produk yang dijual. Terakhir, cari supplier yang paling menguntungkan. Atau mungkin, Anda memutuskan menjadi dropshipper atau reseller.

  1. Membuat Brand Secara Profesional

Di lapangan, banyak orang memulai bisnis online tanpa modal secara asal-asalan, seperti membuat logo dan pemberian nama (brand) yang tidak profesional.  Padahal, brand adalah hal pokok yang mampu menarik kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, Anda disarankan membuat brand secara profesional, bahkan jika perlu sewa jasa-jasa terkait untuk menunjang kualitas.

Sebagai contoh ialah brand-brand populer di dunia, seperti Nike dan Pepsi. Keduanya mempunyai nama dan logo yang sederhana, tetapi mampu melekat terus-menerus di ingatan masyarakat. Akan tetapi, hal ini malah membuat Nike dan Pepsi tampak profesional. Apalagi, keduanya mampu memberi kualitas yang baik secara konsisten.

  1. Promosi Besar-Besaran

Rasanya, semua orang tahu bahwa promosi dapat dilakukan melalui media sosial, baik berbayar atau secara gratis. Oleh karena itu, Anda bisa menemukan berbagai pelaku bisnis sengaja membuat website atau media sosial sebagai ruang promosi yang efektif. Intinya, senantiasa promosi terus-menerus memakai media dan konten yang menarik.

  1. Mempertahankan Konsumen

Semua usaha Anda akan sia-sia jika bisnis yang dijalankan secara online tidak mampu mempertahan konsumen.  Padahal, Anda wajib mempertahankan hal ini, baik untuk konsumen awal atau konsumen loyal yang kerap membeli produkmu. Pasalnya, menjaga hubungan dengan konsumen mempunyai nilai 25 kali lebih mahal dari promosi berbayar.

Lantas, bagaimana cara untuk mempertahan konsumen? Salah satu caranya ialah dengan memberi hadiah, seperti bonus atau diskon secara berkala. Selain itu, jangan lupa menjalin komunikasi yang baik melalui akun media sosial secara resmi. Sedangkan, menjaga kualitas produk merupakan kunci utama untuk mempertahankan konsumen dalam memulai bisnis online.

Nah, setelah mengetahui cara-cara memulai bisnis secara online, tidak ada salahnya Anda mulai bergerak selangkah. Namun, jangan lupa memperhatikan masalah keuangan, seperti kemudahan transaksi digital memakai aplikasi bukubank.com. Dengan demikian, transaksi jual beli dapat berjalan sesuai rencana. Oleh karena itu, selamat mencoba untuk memulai bisnis online tanpa modal.

Scroll to Top