7 Tips Cerdas Mengurangi Kebiasaan Gaya Hidup Boros

Gaya hidup yang konsumtif masyarakat mengantarkan Indonesia dalam negara paling konsumtif di dunia. Kebiasaan hidup yang boros dan mudah mengeluarkan uang ini sebenarnya tidak ada yang salah namun kelamaan akan menjadi bom waktu. Perlu pengelola keuangan yang tepat agar bisa merubah kebiasaan yaitu dengan bukubank.

7 Cara Merubah Kebiasaan Hidup yang Boros

1. Menetapkan skala prioritas

Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat daftar kebutuhan berdasarkan prioritas. Untuk kebutuhan yang paling dibutuhkan dan tidak bisa diganti bisa menjadi barang atau kebutuhan primer. Sedangkan kebutuhan yang masih bisa dibeli di kemudian hari dan tak terlalu penting bisa disisihkan dan diganti dengan alternatif lain. 

Umumnya kebutuhan orang yang berbeda-beda ini membuat Anda harus mencatat dengan benar agar tidak salah pilih. Dan yang paling penting penuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu.

2. Menyiapkan anggaran untuk kebutuhan

Tidak kalah penting, menyiapkan dana atau anggaran untuk setiap keperluan adalah kegiatan yang tak boleh dilewatkan. Ini adalah upaya yang baik untuk mengubah kebiasaan boros. Siapkan anggaran untuk tiap pos pos kebutuhan dengan jumlah yang telah disesuaikan. Meskipun begitu bukan berarti memangkas habis jatah jajan Anda hanya saja jumlahnya sedikit berkurang.

3. Membeli barang karena butuh bukan karena ingin

Gunakan prinsip tersebut dalam hidup Anda agar kebiasaan dan gaya hidup boros bisa menghilang. Memang sulit untuk menghilangkan kebiasaan belanja, apalagi jika sudah membuka toko online di ponsel, semua seakan menjadi barang yang dibutuhkan. 

Banyak masyarakat yang kesusahan membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan merupakan barang pokok yang benar-benar dibutuhkan, sedangkan keinginan hanya pemuas hasrat belanja saja.

4. Ubah kebiasaan main dan belanja

Kebiasaan boros bisa terjadi karena gaya hidup yang suka bermain dan berbelanja. Jika sebelumnya Anda adalah seorang yang hobi bermain ke tempat mewah, travelling, atau berbelanja kini coba ubah kebiasaan tersebut untuk melakukan hal produktif seperti membaca atau membuka bisnis online. Dengan menyisihkan anggaran kegiatan tersebut Anda bisa menjalankan bisnis serta menambah pemasukan.

5. Bawa uang cash secukupnya

Sadar atau tidak, ketika berbelanja Anda selalu membawa uang cash dalam jumlah yang banyak. Memang bukan hal yang salah, namun dengan membawa uang dalam jumlah berlebih akan meningkatkan keinginan berbelanja. Niat awal hanya membeli satu produk dan tanpa sadar Anda membeli banyak barang meskipun sebenarnya barang tersebut tidak terlalu penting.

6. Jangan tergiur diskon

Harga yang miring yang ditawarkan setiap ada diskon menjadi idaman para pemburu barang atau pecinta belanja. Memang tidak ada yang salah dengan diskon, Anda bisa memanfaatkan harga miring tersebut untuk membeli barang yang dibutuhkan. Namun, jika terlalu banyak barang yang dibeli akan menjadi masalah bagi Anda. Apalagi jika membayar lewat mbanking, tahu-tahu uang habis dan menyesal.

7. Ubah kebiasaan gaya hidup mahal

Apabila Anda biasa nongkrong dan makan dengan harga yang tidak wajar kini coba siasati dengan berkumpul di rumah atau membeli resep makanan untuk dimasak sendiri. Cara ini cukup efektif mengubah kebiasaan mahal. Anda juga bisa menggunakan aplikasi bukubank untuk mengelola keuangan khususnya rekening bank. 

Itulah beberapa tips mengatur keuangan yang dapat Anda terapkan agar terhindar dari keborosan. Gunakan bukubank untuk mengecek mutasi dan saldo. Pengelolaan keuangan yang benar dapat mendatangkan omzet yang besar.

Scroll to Top