Aplikasi Wajib yang Dapat Mempermudah UKM Berjualan Online

Tidak dapat dipungkiri jika saat ini teknologi telah mempermudah para UKM untuk melakukan pengembangan dalam berbisnis. Hal ini tidak lepas dengan beragam aplikasi-aplikasi yang membantu dalam menawarkan produk. Aplikasi-aplikasi ini tidak hanya membantu dalam menarik konsumen, bahkan juga dapat membantu mengelola keuangan. Salah satu app andalan laporan keuangan yang dapat digunakan adalah bukubank. Namun, selain itu, berikut beberapa aplikasi yang wajib dimiliki dalam berbisnis secara online.

Aplikasi yang Harus Dimiliki Saat Berbisnis Online

 

1. Media Sosial

Memiliki toko online sudah tentu penting untuk memiliki media sosial. Dengan begitu, Anda dapat menawarkan produk dengan jangkauan lebih luas. Ada banyak sekali media-media sosial yang dapat Anda gunakan. Namun, carilah media sosial yang saat ini banyak digandrungi dan digunakan oleh target konsumen Anda. dengan demikian, iklan produk juga akan sampai.

Sebaiknya tidak hanya mengandalkan satu aplikasi media sosial saja. Karena bisa jadi, berbeda media sosial, berbeda juga calon konsumen yang akan belanja online di tempat Anda. Semakin banyak jenis media sosial, maka juga akan semakin luas jangkauan konsumen yang Anda.

2. Aplikasi Chat

Sebaiknya bedakan aplikasi chat untuk pribadi dengan aplikasi chat untuk jualan online. Jika apps bisnis dan pribadi berbeda, maka Anda juga akan dapat membedakan urusan untuk bisnis dan urusan pribadi. Anda juga tidak akan bingung chat-chat yang berhubungan dengan bisnis atau bukan. Dengan begitu, pekerjaan Anda akan lebih mudah dan efisien.

3. Online Market Place

Untuk meningkatkan omzet, gunakan juga online market place. Saat ini sudah banyak tersedia tempat-tempat untuk berjualan online. Pelanggan yang akan datang juga akan jauh lebih banyak dan lebih luas. Online market place memungkinkan Anda memiliki pelanggan dari tempat yang sangat jauh. Tentu saja hal ini akan meningkatkan bisnis Anda.

4. Aplikasi Editing

Banyak media sosial yang membutuhkan aplikasi-aplikasi editing baik foto maupun video. Oleh karena itu, Anda memerlukan apk editing agar produk yang Anda tawarkan dapat lebih menarik konsumen. Semakin bagus editing yang Anda lakukan, maka kemungkinan calon pembeli yang datang juga akan semakin meningkat.

5. Aplikasi Keuangan

Berbisnis juga sangat membutuhkan aplikasi yang memungkinkan Anda mengelola uang masuk dan keluar dengan lebih mudah. Salah satunya adalah dengan menggunakan bukubank. App ini akan membantu dalam memberikan informasi transaksi yang dilakukan sehingga Anda mudah dalam membuat laporan untung dan rugi.

App ini juga sudah tentu dapat membantu Anda untuk mengetahui dana yang harus Anda keluarkan untuk terus mengelola bisnis. Selain itu, membuat akuntansi yang sistematis juga akan jauh lebih mudah dilakukan.

6. Google Drive

Aplikasi ini sangat penting untuk menyimpan file-file yang Anda butuhkan dalam mempromosikan produk yang Anda tawarkan. Daripada menggunakan USB atau semacamnya, app ini jauh lebih aman serta lebih efisien karena dapat diakses baik dengan PC maupun smartphone. Anda tidak perlu lagi khawatir ada berkas yang hilang karena sudah akan tersimpan baik di Google Drive. App ini juga cukup mudah sehingga dapat digunakan oleh siapa saja.

Memiliki usaha online memang susah-susah gampang, namun saat ini sudah ada banyak aplikasi pendukung yang wajib Anda miliki untuk meningkatkan bisnis yang Anda miliki. Layanan untuk menawarkan produk memang sangat penting, sama halnya App untuk mengatur laporan mutasi. Karena itu, Anda juga harus memiliki bukubank yang telah bekerja sama dengan berbagai bank. Jika ingin mengetahui lebih lanjut dapat membuka Bukubank.

Scroll to Top