Tips Membuat Laporan Laba Rugi Keuangan dalam Bisnis Online

Para pemilik UKM dapat melebarkan sayap bisnis dengan cara menjual produk melalui online. Dengan begitu, penjualan akan semakin meningkat dan pelanggan juga akan semakin banyak. Meski demikian, masih ada kemungkinan jika pemilik bisnis online mengalami kerugian. Karenanya, perlu adanya laporan laba dan rugi. Anda dapat juga menggunakan bukubank untuk membantu mengetahui strategi bisnis selanjutnya dengan lebih mudah.

Tips Membuat Laporan Laba Rugi Keuangan

 

Membuat laporan laba dan rugi keuangan dalam bisnis yang dijalani sangat penting dilakukan. Dengan demikian, Anda sebagai pemilik bisnis dapat melakukan strategi terbaik dalam menawarkan produk Anda kepada calon pelanggan. Berikut beberapa tips untuk membuat report agar lebih sistematis.

1. Mengetahui Laba dalam Laporan Laba Rugi

Jika Anda memiliki toko online, maka Anda juga harus mengetahui beberapa jenis laba. Ada beberapa laba yang berbeda satu sama lain. Misalnya adalah laba kotor. Laba ini adalah pendapatan dari penjualan bersih yang kemudian dikurangi harga pokok dari penjualannya. Laba kotor ini berfungsi untuk mengindikasi seberapa jauh Anda menutupi dana produksi.

Kemudian ada laba operasi yang merupakan selisih dari penjualan dan biaya serta beban dari operasi perusahaan. Laba ini biasanya digunakan untuk alat ukur perusahaan dalam menghasilkan omzet dari aktivitas bisnis yang dijalani. Juga ada laba lainnya seperti laba sebelum pajak, laba operasi berjalan, dan juga laba bersih.

Laba bersih sendiri merupakan laba yang sudah tidak ada lagi pengurangan harga pokok dan lainnya. Bisa dikatakan sebagai keuntungan yang didapat dari pelanggan yang belanja online di tempat Anda.

2. Mengetahui Format Report

Untuk membuat report laba dan rugi, sudah tentu Anda harus mengetahui format laporan yang akan dibuat. Ada dua cara yang sangat umum digunakan. Pertama adalah dengan single step. Dengan format ini, pendapatan maupun keuntungan yang masuk dalam kegiatan operasi ditempatkan pada awal report. Selanjutnya baru diikuti dengan beban dan juga kerugian yang masuk dalam kategori operasi. Selisih total pendapatan antara keuntungan dan total beban dan juga kerugian merupakan laba operasi.

Kemudian ada format multiple steo yang susunannya memisahkan transaksi operasi dengan transaksi non-operasi. Selain itu, format ini juga membandingkan biaya dan beban dengan pendapatan yang memang berkaitan satu sama lain. jika laba operasional sudah terlihat, maka Anda akan mengetahui perbedaan aktivitas yang dilakukan.

3. Menyusun Laporan

Setelah mengetahui macam-macam laba dan juga format laporan yang cocok, maka tinggal menyusun laporan. Pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat jurnal transaksi. Anda dapat menggunakan bukubank untuk melihat laporan mutasi yang nantinya dimasukkan dalam laporan. Selanjutnya tinggal mengikuti susunan laporan sesuai dengan format yang dipilih.

Menyusun report keuangan ini sangat bermanfaat dalam bisnis yang Anda jalani. Anda dapat mengetahui seberapa banyak laba yang Anda dapat dari konsumen yang belanja online di tempat Anda. Dengan begitu, Anda tinggal melakukan strategi terbaik untuk meningkatkan bisnis yang Anda miliki.

Begitulah tips-tips yang dapat Anda gunakan jika ingin membuat laporan laba dan rugi. Karena laporan ini sangat berkaitan dengan uang masuk dan keluar, maka Anda juga harus memiliki aplikasi cek mutasi untuk lebih mempermudah pekerjaan Anda. Salah satu yang dapat Anda gunakan adalah bukubank yang dapat dilihat melalui laman Bukubank.

Scroll to Top