Cara Mudah Memonitor Transaksi dan Mutasi Bank

Jika Anda sedang berbisnis secara daring menggunakan woocomerce, tentu Anda tidak asing dengan pembayaran via rekening bank. Mengecek satu persatu transaksi yang dilakukan tentu akan menguras banyak waktu dan tenaga, karena itu Anda bisa menggunakan aplikasi seperti bukubank. Selain lebih mudah dalam memonitor transaksi, ia juga bisa Anda gunakan untuk mendukung pembayaran di berbagai marketplace.

Ketahui Cara Melakukan Monitoring Mutasi pada Rekening

Untuk mengetahui mutasi yang Anda miliki pada rekening bank, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Anda bisa memilih hendak menggunakan cara manual seperti datang langsung ke bank atau menggunakan cara yang lebih praktis menggunakan website dan aplikasi yang dikembangkan oleh bank tersebut.

1. Datang ke Teller

Untuk melakukan cek mutasi pada rekening bankyang dimiliki, Anda bisa datang langsung ke bank cabang terdekat di tempat tinggal Anda. datangi teller lalu katakana bahwa Anda hendak melakukan cetak pada rekening yang Anda miliki.

Prosesnya tidak akan membutuhkan waktu yang lama, Anda akan diminta menunggu sejenak sampai proses cetak api mutasiselesai dilakukan. Biasanya pihak teller akan menanyakan rentang waktu penyetakan mutasi yang hendak dilakukan, Anda bisa menyesuaikan dengan  kebutuhan.

Jika prosesnya sudah selesai, Anda akan diberikan buku tabungan sebagai bukti Anda telah menyelesaikan pencetakan laporan mutasi. Apabila Anda membutuhkan laporan yang lebih detail, Anda akan mendapatkan kertas laporan perincian.

2. Menggunakan Mesin ATM

Mesin Atm ternyata juga bisa digunakan untuk mencetak laporan mutasi, tentu dengan cara yang lebih ringkas dibandingkan dengan datang langsung ke bank, berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan:

  • Datang ke ATM sesuai jenis bank yang Anda miliki, kemudian masukkan kartu atm ke tempatnya.
  • Pilih menu untuk melakukan cek mutasi otomatisdan penyetakannya. Tunggu hingga prosesnya selesai dilakukan secara otomatis oleh atm tersebut.
  • Jika proses sudah selesai, akan ada struk yang keluar dan memperlihatkan mutasi yang terjadi di rekening Anda dalam kurun waktu tertentu.
  • Untuk membedakan mana debit dan kredit, Anda bisa melihat inisial depan dari tiap transaksiyang dilakukan. D untuk debit atau uang masuk, sedangkan k untuk kredit atau uang keluar.

Proses pengecekan transaksi dan mutasi di ATM hanya bisa mengecek 5 transaksi terakhir. Apabila ingin cara yang lebih ringkas, Anda bisa menggunakan aplikasi bukubankyang menyediakan beragam fitur menarik untuk memudahkan pengguna mengakses laporan rekeningnya.

3. Menggunakan SMS Banking

Pilihan selanjutnya jika tidak menggunakan aplikasi cek mutasiadalah memakai SMS Banking untuk melihat transaksi dan uang masuk di rekening. Untuk menggunakan fitur ini, tentunya Anda harus melakukan pendaftaran nomor terlebih dahulu sesuai dengan jenis banyak yang Anda gunakan.

Setelah melakukan pendaftaran di bank yang Anda gunakan, Anda akan mengetahui setiap kode yang diperlukan untuk mengecek setiap transaksi yang terjadi di rekening Anda. Jika Anda memiliki bisnis jualan online, cara ini juga dianjurkan karena Anda tidak perlu repot datang ke bank.

Sama seperti ATM, menggunakan SMS banking hanya bisa melakukan pengecekan pada 5 transaksi terakhir yang dilakukan. Untuk memakainya pun Anda tetap dikenai biaya pulsa, yang dibebankan langsung kepada pengguna.

Itulah berbagai cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan cek mutasi rekeningpada akun bank yang dimiliki. Jika Anda tertarik menggunakan bukubank, Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap di bukubank.com.

Scroll to Top