6 Cara Cek Mutasi Rekening Bank

Nasabah bank yang masih baru mungkin belum akrab dengan layanan-layanan dalam dunia perbankan selain menabung dan tarik tunai. Padahal, bank-bank di Indonesia telah menyediakan berbagai layanan lain yang dapat diakses oleh nasabah. Salah satunya yaitu cek mutasi

Mutasi rekening merupakan catatan atau riwayat transaksi yang ada pada sebuah rekening, meliputi aliran dana masuk dan dana keluar. Apabila Anda menabung atau menerima transfer dana, akan terjadi mutasi kredit yang berarti saldo bertambah. 

Sebaliknya, apabila Anda mengambil uang atau mengirimkan ke rekening lain maka akan terjadi mutasi debit yaitu berkurangnya nilai saldo. 

Cara Cek Mutasi Rekening Bank

Mutasi rekening memiliki kegunaan utama sebagai pengontrol semua transaksi yang masuk dalam periode tertentu. Bagi pengusaha, cek mutasi penting untuk memantau kelancaran bisnis jika transaksi dilakukan melalui rekening tersebut. 

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecek mutasi rekening bank Anda yaitu:

1. Teller Bank

Mengecek mutasi rekening dapat dilakukan di kantor cabang bank rekening Anda. Dengan membawa buku rekening dan kartu identitas, Anda dapat meminta petugas layanan pengguna untuk mencetak riwayat transaksi pada buku tersebut. 

2. Mesin ATM

Cara kedua yaitu cek mutasi melalui ATM. Caranya sangat mudah, cukup datang ke ATM bank Anda kemudian masukkan kartu ATM ke dalam mesin seperti biasa. Setelah itu, pilih menu mutasi rekening (pada beberapa bank, sub menu mutasi rekening terdapat pada menu Info). 

Tunggu hingga proses selesai dan keluar struk berisi laporan transaksi terakhir dari rekening Anda. Cara cek menggunakan ATM cukup mudah, tetapi cara ini hanya dapat menampilkan 5 transaksi terakhir saja, sehingga datanya pun terbatas. 

3. SMS Banking

Menggunakan fitur SMS Banking, Anda dapat mengecek mutasi rekening bank dari mana saja. Setiap bank umumnya memiliki kode akses dan format pesan tersendiri. 

Namun, caranya pada dasarnya sama yaitu mengirim SMS ke nomor yang ditentukan dengan format yang diminta. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan balasan berupa informasi mutasi rekening. 

Misalnya untuk BRI, ketik Mutasi (spasi) PIN dan kemudian kirim ke 3300. Kemudian, untuk BCA, ketik MUTASI (spasi) Kode Akses, kirim ke 69888. Kode akses atau PIN untuk layanan SMS banking bisa Anda dapatkan setelah melakukan registrasi layanan tersebut. 

Sama seperti cek menggunakan ATM, Anda hanya dapat menerima informasi berupa 5 transaksi terakhir. Selain itu, Anda akan dikenakan biaya pulsa dengan jumlah bervariasi untuk setiap bank. 

4. Mobile Banking

Bagi pengguna ponsel pintar berbasis Android, iOS, Blackberry, atau Windows, ada cara yang sangat mudah untuk cek mutasi rekening yaitu menggunakan aplikasi mobile banking. 

Pertama, unduh aplikasi dan tunggu aplikasi terinstal pada perangkat Anda. Setelah itu, masuk ke dalam aplikasi, kemudian login.

Setelah itu, pilih menu mutasi rekening bank. Meskipun Anda mengakses layanan ini melalui aplikasi, beberapa bank akan memberikan informasi riwayat transaksi melalui SMS. 

5. Internet Banking

Jika tidak ingin menginstal aplikasi mobile banking pada ponsel, sebagai alternatif Anda dapat menggunakan internet banking yang bisa diakses lewat browser

Hampir sama dengan mobile banking, setelah login ke portal internet banking Anda dapat memilih menu mutasi rekening untuk melakukan pengecekan. 

6. Melalui Bukubank.com

Bukubank.com merupakan platform yang mampu mengelola banyak mutasi rekening bank dengan cepat dan mudah dalam satu dashboard

Setelah mendaftar, Anda dapat menggunakan platform ini untuk cek mutasi rekening beberapa bank yaitu BRI, BNI, Mandiri, dan BCA.Dari beberapa pilihan cara cek mutasi di atas, tentunya Anda telah dapat menilai mana cara yang paling mudah, praktis, dan efisien. Pastikan Anda selalu menjaga keamanan transaksi dengan cara merahasiakan PIN dan logout setelah selesai menggunakan ibanking.

Scroll to Top