Cara Cek Mutasi Rekening Mandiri Tanpa Ribet

Bank sebagai lembaga keuangan saat ini peranannya semakin penting bagi masyarakat. Selain sebagai tempat menyimpan uang, bank juga mampu mendukung perencanaan keuangan nasabah. Misalnya, melalui layanan cek mutasi Mandiri Online retail dari Bank Mandiri.

Mandiri merupakan bank BUMN yang mempunyai beberapa jenis tabungan yang dibedakan menjadi dua akun yaitu personal dan bisnis. Akun personal boleh dimiliki oleh siapa saja secara perseorangan, sedangkan akun bisnis hanya boleh dibuka oleh badan usaha.

Untuk membuka rekening personal, Anda harus datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa kartu identitas, NPWP, dan dana untuk setoran awal minimal Rp500.000. Jika memenuhi syarat, dalam waktu singkat Anda bisa mempunyai rekening Mandiri.

Nah, setelah memiliki rekening, Anda akan menerima kartu debit atau ATM serta dapat mendaftar layanan SMS banking dan internet banking. Ketiga layanan tersebut dapat digunakan untuk mengecek saldo dan cek mutasi rekening.

Cara Mendaftar Internet Banking Mandiri

Apabila ingin mendaftar layanan internet banking Mandiri, Anda harus mengaktifkan fitur SMS finansial dan memiliki MPIN. Kunjungi cabang Mandiri terdekat untuk mendapatkan MPIN. Setelah itu ikuti panduan berikut untuk memperoleh akun internet banking Mandiri:

  1. Unduh aplikasi Mandiri Online dari AppStore atau PlayStore. Pastikan perangkat Anda mempunyai spesifikasi yang memenuhi syarat untuk memasang aplikasi mobile banking ini.
  2. Lakukan registrasi pada aplikasi dengan memasukkan data kartu debit Mandiri Anda beserta tanggal lahir dan expiry date. Data dapat dilihat pada bagian depan atau belakang kartu ATM Anda.
  3. Selanjutnya, verifikasi nomor ponsel Anda lewat SMS dan kembali masuk ke aplikasi. 
  4. Setelah nomor ponsel Anda terverifikasi, buatlah User ID dan password yang mudah diingat. 
  5. Lengkapi data tambahan berupa alamat e-mail dan gambar profil. Klik Buat Akun untuk melakukan perubahan data. 
  6. Masukkan MPIN yang telah Anda dapatkan dari Bank Mandiri. 

Setelah registrasi selesai, Anda dapat menggunakan user ID dan password untuk masuk ke aplikasi mobile banking maupun mengakses internet banking melalui browser.

Cara Cek Saldo Mandiri Melalui Internet Banking

Cek saldo menggunakan Mandiri ibanking memberikan Anda efisiensi waktu dan tenaga. Tidak perlu mencari ATM, Anda bisa memperoleh informasi saldo dengan cepat dari browser handphone, laptop, atau PC. Caranya yaitu:

  1. Buka laman internet banking Mandiri yaitu www.bankmandiri.co.id, kemudian login.
  2. Pilih Mandiri Online Personal.
  3. Pilih menu Informasi Rekening, lalu informasi saldo Anda akan muncul.

Informasi yang dipaparkan dapat disimpan atau dicetak jika Anda memerlukannya.

Cara Cek Mutasi Mandiri Internet Banking

Fasilitas internet banking Mandiri memiliki pilihan menu yang lebih lengkap dibandingkan mobile banking dan ATM. 

Selain memeriksa saldo, pengguna internet banking juga biasanya mengecek riwayat transaksi yang sudah dilakukan dalam beberapa waktu terakhir atau istilah lainnya cek mutasi rekening.

Langkah-langkah cek mutasi melalui internet banking Mandiri yaitu:

  1. Buka laman situs Mandiri Online, login menggunakan User ID dan PIN Anda.
  2. Masuk ke menu Informasi Rekening dan pilih Mutasi Rekening.

Anda dapat melihat mutasi rekening berdasarkan jumlah transaksi terakhir atau jangka waktu. Data transaksi yang dapat ditampilkan yaitu hingga maksimal 6 bulan terakhir dengan rincian data transaksi maksimal 1 bulan.Nah, cara cek saldo dan cek mutasi Mandiri Online retail di atas sangat mudah dilakukan bukan? Jika masih menemui masalah dalam aktivasi Mandiri Online, Anda dapat menghubungi layanan pengguna melalui telepon atau datang ke kantor cabang terdekat.

Scroll to Top