Daftar Istilah Kode Mutasi Transaksi Rekening Bank

Anda tentu sering melihat hasil print out berisi mutasi rekening. Setiap transaksi memiliki kode tersendiri. Perlu Anda ketahui, satu bank dan lainnya menggunakan kode berbeda sehingga membutuhkan daftar istilah dan penjelasannya. Mengetahui ini sangat berguna untuk mereka yang sedang menjalankan bisnis online. Bayangkan jika harus mengerti semua kode berbeda dan bisnis memakai rekening di banyak bank. Secara umum, ada cara untuk mengkonsolidasi semua layanan di satu platform serta menjelaskan istilah dengan mudah yaitu bukubank.

Mengenal Kode Mutasi Transaksi di Rekening Bank

Beberapa singkatan dapat dijelaskan dengan mudah misalnya PYM yaitu payment artinya transaksi berkaitan dengan pembayaran. Jika ditambah dengan CC atau ADM, kode PYM akan lebih jelas yaitu pembayaran kartu kredit dan administrasi. Anda juga bisa mengecek rekening bank dan ada kode tertentu yang menyertainya.

1. Mutasi rekening

Sebelum membahas lebih lanjut, Anda perlu mengetahui apa itu mutasi yang ada di bank. Banyak orang yang masih bingung karena penerapannya kadang tumpang tindih. Anda meminta slip berisi semua transaksi yang berisi beberapa kode serta keterangan jumlah uang. Saat slip tersebut disahkan, inilah yang dikenal dengan nama mutasi sebagai dokumen resmi. Saat ini, nasabah bisa menggunakan aplikasi dan website untuk memperoleh daftar transaksi untuk periode tertentu. Anda juga melihat kode tersebut ketika memakai platform untuk mengelola banyak rekening seperti bukubank.

2. Penggunaan kode mutasi di bank

Institusi perbankan membutuhkan sistem efisien untuk penamaan layanan mereka. Misalkan, transaksi pembayaran via kartu kredit atau debit. Mereka tidak mungkin mengetik sepanjang itu hanya untuk menunjukkan suatu transaksi keluar masuk dana.

Agar lebih mudah, semua aktivitas dan transaksi tersebut memakai kode yang mudah dimengerti oleh masyarakat umum. Selain itu cara ini membuat layanan mbanking lebih singkat terutama ketika mengirim saldo.  Jadi, Anda sebagai nasabah tidak perlu lagi membaca mutasi rekening dengan kalimat panjang tetapi cukup kode referensi.

3. Kode mutasi di bank mandiri

Setiap perbankan memiliki kode tersendiri untuk mutasi yang berbeda dengan lainnya. Anda memiliki rekening mandiri untuk mengelola dana dan mengecek tabungan. Ada kode angka seperti 10, 11, 12, dan 13 termasuk 51, 52 dan seterusnya. Angka tersebut menunjukkan kode untuk buku tabungan dan contohnya adalah 10 yaitu informasi jumlah uang yang ada saat ini di rekening. Untuk kode di rekening koran, pihak bank memakai tiga huruf sehingga menjelaskan transaksi keuangan dengan mudah.

4. Mutasi bank bca

BCA juga memiliki kode tersendiri untuk mutasi rekening dan sedikit berbeda dengan bank lainnya. Anda akan melihat kode dengan awalan CA/SA yang berarti pembayaran. Kode ini akan disertai dengan lainnya untuk memperjelas pembayaran apa yang telah dilakukan. Masih banyak kode-kode lain dengan pengertian mudah hingga kompleks. Anda dapat memantau kode tersebut ketika mencetak rekening koran dari ibanking. Kode angka bisa dilihat di buku tabungan secara lebih lengkap dan akan muncul di awal untuk indikasi transaksi tertentu.

5. Cara memahami kode mutasi

Seperti yang sudah dijelaskan, setiap bank memiliki kode berbeda sehingga sulit untuk menyatukan. Selain dua layanan perbankan yang sudah disebutkan, Anda juga bisa mengecek kode dari bri yang sering dipakai oleh banyak orang. Rekening koran akan menunjukkan kode mutasi dengan singkatan khusus. Hal yang sama juga berlaku untuk bni dimana mereka mengadopsi kode yang mirip.

Semua kode tersebut adalah bagian dari layanan perbankan di Indonesia, bahkan dunia. Anda akan kesulitan jika menggunakan banyak rekening karena butuh waktu untuk memahaminya. Mereka yang mempunyai toko online ingin kode tersebut dapat dimengerti dan rekening dikelola dengan efisien. Sebagai solusi, mereka memakai platform bukubank dan mengintegrasikan semua mutasi di satu layanan.

Scroll to Top