cara mengecek saldo atm

Lengkap Cara Mengecek Saldo ATM Berbagai Bank

Sebagai cara mengecek saldo ATM ada berbagai macam, kami akan membahasnya secara lengkap. Setidaknya ada 5 cara yang populer dan dikenal banyak orang. Hidup di zaman modern yang mayoritas didukung oleh digital, Anda harus mengikuti perkembangannya.

Setiap bank memiliki metode masing-masing, namun sebenarnya sama saja. Bahkan terdapat aplikasi yang akan membantu Anda dalam mengecek saldo ATM tersebut. Setiap melakukan pengecekan, ada bank yang berbayar namun ada pula cara cek saldo gratis.

5 Cara Mengecek Saldo ATM Semua Bank

Kemudahan transaksi digital hingga verifikasi bukti pembayaran dapat dilakukan tanpa berpindah tempat. Tentunya cara tersebut jauh lebih efisien dibanding sebelumnya. Namun kami akan memberi informasi kepada Anda bagaimana untuk cek saldo dari awal sampai  akhir.

  1. Via ATM (Anjungan Tunai Mandiri)

Sebagaimana kepanjangan ATM, merupakan sebuah tempat khusus yang digunakan untuk berbagai transaksi dan keperluan banking lainnya. Inilah cara cek saldo yang paling awal, sebab seorang pelaku banking harus mendatangi lokasi ATM tersebut.

Sebagai contoh, Anda memiliki ATM BRI, maka Anda dapat mengeceknya dalam anjungan ATM BRI setempat. Namun pada beberapa kasus, misalnya kartu BRI MasterCard, Anda dapat mengecek saldo dalam kartu tersebut di ATM manapun asal terdapat logo MasterCard-nya.

Langkahnya adalah dengan memasukkan kartu ATM, kemudian menekan pin (kata sandi), pilih layanan informasi rekening, dan terakhir adalah cek saldo. Pada proses ini, karena dilakukan secara manual maka sering kali antre. Kalau Anda tidak mau antre lama, maka gunakan cara cek lainnya yang akan dibahas di bawah. 

  1. Via SMS Banking

Bahkan di zaman modern ini, cara mengecek saldo ATM dapat dilakukan via offline! Tanpa perlu datang ke tempat ATM berada. Tetapi sebelum melakukan cara via SMS ini, Anda mesti mendaftarkan nomor telepon aktif baik pada teller bank maupun ATM. Cukup daftarkan sekali saja, walaupun Anda berganti HP, asal nomor masih sama tetap dapat dilakukan.

  1. Via Internet Banking

Nah, cara mengecek saldo ATM selanjutnya adalah via Internet Banking. Cara ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang lebih sering menggunakan komputer atau laptop dibanding smartphone. Anda cukup mengakses situs resmi bank yang digunakan, kemudian memasukkan nama pengguna dan kata sandi.

Selain untuk sekadar mengecek saldo, metode Internet Banking juga dapat dilakukan untuk keperluan lain seperti transfer uang. Langkah mendapat akun bank tersebut dengan mendaftarkan pada teller secara langsung. Ingat-ingat akun Anda dan jaga kerahasiaan, ya. Jangan sampai kemudahan ini dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab.

  1. Via Aplikasi Mobile Banking

Setiap orang mempunyai smartphone, kan? Nah cara ini sebenarnya yang paling dominan digunakan untuk mengecek saldo. Baik pada smartphone berbasis sistem operasi Android maupun iOS tetap disediakan semua bank. Namun Anda perlu memilih dan memilah mana bank yang berbayar dan mana yang gratis ketika melakukan cek saldo.

Sebagai cara mengecek saldo ATM yang mudah, Mobile Banking dioperasikan sebagaimana Internet Banking. Anda mesti login terlebih dahulu, kemudian memilih menu bagian informasi untuk cek saldo. Usahakan tetap menjaga kerahasiaan nama pengguna serta kata sandi akun bank.

  1. Via Aplikasi BukuBank

Kalau Anda menginginkan semua kemudahan mulai cek saldo, transfer uang, mendapat pemberitahuan mutasi. Dan mengolah beberapa akun bank dalam satu aplikasi maka BukuBank adalah yang Anda cari. Pasalnya, aplikasi BukuBank telah dipercaya banyak pelaku bisnis, seperti online shop, dropshipper, dan sebagainya.

Kemudahan yang ditawarkan dibalut dengan keamanan maksimal. bukubank.com merupakan aplikasi premium yang berbayar, namun jangan khawatir sebab Anda cukup membayar sangat murah untuk semua fitur yang ditawarkan. Langsung cek situs resmi BukuBank sebagai inovasi modern dan terdepan untuk cara mengecek saldo ATM terpercaya.

Scroll to Top