Membuat Laporan Mutasi Rekening Cepat dan Mudah

Mutasi rekening merupakan ringkasan atas pemasukan dan pengeluaran dari saldo suatu rekening secara menyeluruh. Ringkasan tersebut berupa hari dan tanggal, keterangan, dan jumlah transaksi dari rekening tersebut. Anda bisa mengeceknya melalui bukubank sehingga bisnis yang Anda jalankan apat terlihat bagaimana pemasukan dan pengeluaran yang ada pada rekening bisnis yang dikelola.

Begini Cara Cepat dan Mudah Membuat Laporan Mutasi Rekening

Jika Anda memiliki bisnis, di setiap bulannya Anda harus membuat laporan mutasi karena laporan tersebut berpengaruh terhadap jenis karakteristik atas laporan keuangan pada bisnis Anda. Biasanya informasi mutasi pada rekening tersebut akan dikirimkan secara langsung dalam keadaan dicetak dan diberikan kepada pemegang rekening atau nasabah secara berkala di setiap bulannya.

Laporan bisa Anda cek secara berkala jika Anda menggunakan layanan bank seperti mbanking. Layanan ini memudahkan Anda dalam mengetahui berbagai pemasukan dan pengeluaran pada rekening tanpa harus keluar rumah. Hanya dengan mengunduh aplikasi mobile banking di smartphone dan didukung dengan koneksi internet yang stabil, report mutasi dapat Anda ketahui dengan mudah.

Berikut cara membuat laporan atas mutasi rekening yang mudah dan cepat :

1. Melakukan pencatatan laporan dari bank

Laporan yang perlu untuk Anda catat di buku besar adalah berbagai pemasukan, pengeluaran serta saldo pada rekening bisnis Anda. Laporan tersebut mudah dilacak karena bersifat otomatis karena pasti dikirimkan oleh pihak bank kepada pemilik rekening atau nasabah. Pencatatan laporan ini bisa Anda lakukan sekali di setiap akhir bulan.

2. Melakukan komparasi pada rekening koran dan kas

Rekening koran dapat digunakan untuk mengecek kesamaan informasi terkait dana yang telah Anda catat di buku besar kas. Setiap pemasukan dan pengeluaran pada rekening selalu tercatat di rekening koran sehingga hal ini akan memudahkan Anda dalam membuat laporan. Pada rekening koran berisikan biaya layanan, laporan pembayaran, penalty, dan lain-lain.

3. Melakukan penelusuran transaksi yang masih dalam proses

Biasanya laporan keuangan akhir dari kas bisnis Anda dan dari bank akan terjadi perbedaan berupa selisih dalam bentuk deposit outstanding check maupun deposit on transit. Setoran yang masih dalam proses maupun uang tunai yang Anda terima belum tercatat dari pihak bank merupakan deposit on transit. Belum adanya pencairan dana merupakan outstanding check.

4. Melakukan pengecekan ulang

Pengecekan ulang bisa dilakukan jika ada selisih pada nominal keuangan pada buku besar kas bisnis Anda dan juga rekening. Selisih nominal yang besar biasanya karena ada pencatatan yang belum diinput. Namun selisih nominal yang kecil biasanya terjadi kesalahan pada pencatatan oleh akuntan bisnis Anda maupun kesalahan memasukkan angka.

5. Membuat lembar kerja untuk menghitung selisih

Dalam hal ini bukubank diperlukan dalam mengetahui setiap mutasi pada rekening Anda. Lembar kerja ini diperlukan untuk menghitung keseluruhan pemasukan dan pengeluaran pada rekening sehingga selisih dapat diketahui dengan jelas. Lembar tersebut disebut lembar rekonsiliasi yang bermanfaat untuk menghitung selisih yang ada pada kas dan juga rekening.

Beberapa cara di atas dapat memudahkan Anda dalam membuat laporan atas mutasi pada rekening bisnis Anda. Supaya lebih mudah dalam mengecek segala mutasi pada rekening, Anda bisa menggunakan bantuan bukubank.com. Dengan menggunakan situs tersebut, maka Anda pun akan terhindar dari segala kesalahan pencatatan mutasi sehingga bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar.

Scroll to Top