Pengertian Bukti Pembayaran dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Bukti Pembayaran dan Jenis-Jenisnya

Ketika Anda mengelola toko online, maka Anda harus memberikan bukti pembayaran kepada pelanggan. Ini dimaksudkan agar tiap transaksi yang Anda lakukan tercatat dengan baik, sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman. Anda bisa menggunakan platform bukubank agar aktivitas pencatatan nota bisa direkap dengan baik secara daring. 

Ketahui Pengertian Bukti Pembayaran

Bukti pembayaran bukanlah hal yang asing untuk ditemukan saat ini, baik ketika Anda berbelanja secara daring maupun konvensional. Pemberian struk pembayaran dilakukan di akhir transaksi, bisa dengan memberikan nota langsung ataupun dengan laporan mutasi pada akun bank atau dompet digital yang dimiliki. 

Jika Anda hendak mengelola woocommerce dalam waktu dekat, informasi mengenai kwitansi pembayaran, jenis, dan juga fungsinya harus Anda ketahui dengan detail. Ini akan membatu Anda untuk lebih mudah dalam menghitung laba dan membuat laporan bulanan atau harian. 

1. Fungsi dari Bukti Pembayaran

Terkait dengan fungsi, bukti suatu pembayaran adalah tanda bahwa transaksi jual beli yang dilakukan telah disepakati oleh kedua belah pihak. Bukti atau nota pembayaran biasanya diberikan jika transaksi yang dilakukan merupakan transaksi yang besar dan menengah, walau sekarang dipermudah dengan adanya pengurangan saldo saja untuk akun digital dan keterangannya. 

Pemakaian bukti dari pembayaran juga membuat Anda bisa membuat laporan audit keuangan dengan baik. Karena setiap pengeluaran yang Anda lakukan bisa terlihat dengan rinci. Jadi ketika Anda menggunakan rekening untuk melakukan transaksi, setiap pengeluaran di rekening bank Anda bisa tercatat dengan baik. 

2. Digunakan untuk Mengecek

Anda juga bisa menggunakan kwitansi suatu pembayaran untuk mengecek aktivitas jual beli yang dilakukan. Apalagi dengan hadirnya aplikasi seperti bukubank, kini proses untuk melihat berbagai bukti transaksi keuangan jauh lebih mudah untuk dilakukan. 

Pelanggan juga menganggap nota Anda penting, sebab mereka tahu bahwa struk tersebut bisa digunakan untuk mengecek barang. Beberapa nota pembayaran malahan bisa digunakan sebagai media untuk klaim garansi, biasanya berupa pembelian barang elektronik. Bisnis online juga menganggap nota pembayaran merupakan aspek jual beli yang perlu diperhatikan. 

3. Jenis Bukti Pembayaran

Ada beberapa jenis bukti yang sampai sekarang masih banyak digunakan, dari yang berbentuk fisik hingga berbentuk digital. Anda bisa melihat pengeluaran di mbanking dengan mudah jika pengeluarannya terlihat jelas. Diantara jenis bukti atau nota pembayaran antara lain:

  • Kwitansi

Merupakan bukti transaksi konvensional, dan digunakan ketika Anda sudah menerima sejumlah uang dari pihak tertentu. Nantinya kwitansi diberikan untuk mereka yang sudah melakukan pembelian barang, baik menggunakan atm atau media lain yang sudah ditentukan. 

  • Nota Kontan

Berikutnya adalah nota kontan, yang merupakan nota untuk pembeli dan juga penjual. Nita kontan yang satu akan diberikan kepada penjual, sedangkan yang lain akan dipegang oleh penjual sebagai arsip atau bukti transaksi. Omzet Anda bisa terlihat dengan lebih mudah menggunakan nota kontan ini. 

  • Faktur

Berikutnya adalah faktur, yang merupakan pernyataan tertulus mengenai barang dan harganya. Pembayaran faktur bisa langsung melalui mutasi rekening atas saldo yang Anda, atau bisa pula menggunakan pembayaran konvensional. Faktur dibagi menjadi dua jenis, yakni invoice pembelian serta invoice khusus penjualan. 

Demikianlah pengertian mengenai pembayaran dan jenisnya, sehingga Anda lebih mudah melakukan bisnis secara daring. Kini Anda bisa mengelola bukti pembayaran dengan mudah menggunakan bukubank, yang memiliki banyak fitur untuk dimanfaatkan. Dari sana, Anda bisa mengelola keuangan dengan lebih mudah. 

Scroll to Top