jenis metode pembayaran ecommerce yang wajib diketahui

7 Jenis Metode Pembayaran E-commerce

Belanja online di e-commerce ataupun woocommerce banyak digunakan saat ini, karena itu metode pembayaran yang tersedia juga beragam. Berikut ini adalah tujuh jenis metode pembayaran yang bisa Anda lakukan disana, dan merupakan teknis pembayaran yang aman dan sesuai aturan. Agar mudah mengelola keuangan Anda setelah melakukan pembayaran, Anda bisa menggunakan bukubank. 

Ketahui 7 Jenis Metode Pembayaran E-Commerce Yang Wajib Diketahui

1. Memakai Pembayaran Kartu Kredit

Jika Anda melakukan pembelian di toko online, besar kemungkinan Anda akan menggunakan kartu kredit untuk teknis atau metode pembayarannya. Merupakan cara yang paling umum, pembayaran bisa dilakukan dengan cara yang otomatis. 

Pemegang kartu kredit akan mendapatkan berbagai kemudahan, salah satunya adalah dengan memasukkan data dari kartu kredit tersebut. Maka secara otomatis, mutasi rekening pada saldo memungkinkan untuk dilakukan. 

2. Menggunakan Transfer Bank

Berikutnya adalah menggunakan transfer bank, cara yang juga masih banyak digunakan sampai sekarang. Dengan hadirnya aplikasi cek mutasi secara otomatis, Anda tidak perlu khawatir melihat berapa pengeluaran yang Anda lakukan tiap bulan, sebab akan langsung terdaftar di laporan rekening Anda. 

Prosedur untuk melakukan transfer via bank memang membutuhkan waktu yang panjang. Anda bisa datang langsung ke atm atau ke teller bank untuk menyerahkan uang dan mengirimkan dana tersebut ke rekening tujuan. 

3. Debit Visa

Untuk model pembayaran debit visa, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sistem kredit yang sebelumnya telah dijelaskan. Ketika Anda menggunakan debit visa, maka biaya untuk membayar belanjaan akan langsung dipotongkan dari tabungan, bukan termasuk hutang. Tersedia aplikasi untuk cek mutasi otomatis jika Anda menggunakan metode ini. 

Aplikasi tersebut adalah bukubank yang merupakan aplikasi menarik untuk pengelolaan uang yang Anda miliki. Jadi, ketika menggunakan aplikasi tersebut Anda tidak perlu khawatir mengenai laporan keuangan, karena akan tercatat secara otomatis. 

4. Rekening Bersama

Merupakan jenis rekening yang bisa Anda gunakan untuk membeli barang di toko daring, rekening tersebut merupakan rekening umum. Lebih sering disingkat sebagai rekber, ia bisa melindungi penjual atau pembeli karena dana akan disimpan dalam rekening tersebut, sehingga laporan mutasi bisa dilihat. 

5. Pembayaran COD

Makin maraknya belanja menggunakan sistem daring membuat sistem pembayaran COD sering dilakukan. Sistem COD menggunakan uang cash, sehingga pembeli harus menyiapkan sejumlah dana untuk diberikan kepada kurir yang datang ke rumah. Anda tidak bisa mengecek bukti pembayaran COD lewat transaksi bank, karena ia dibayarkan langsung. 

6. E-Wallet

Perkembangan teknologi membuat Anda bisa lebih mudah untuk mengelola keuangan, salah satunya dengan e-wallet. Anda bisa melakukan pembelian atau transaksi lain menggunakan e-wallet, sehingga belanja jadi lebih praktis. Di Indonesia, e-wallet yang cukup populer adalah dana, serta media sejenis denganya. 

7. Tunai di Gerai Ritel

Terakhir adalah menggunakan uang tunai di gerai yang telah disepakati antara penjual dengan pembeli, misalnya di kantor pos atau gerai ritel. Ini merupakan cara pembayaran yang tidak melibatkan keuangan digital, namun menggunakan uang konvensional sebagaimana invoice biasanya. 

Itulah tujuh cara untuk melakukan pembayaran di platform e-commerce, semoga informasi tersebut dapat membantu Anda. menggunakan bukubank untuk mencatat berbagai aktivitas Anda terkait dengan pembayaran daring bisa Anda terapkan. Sehingga saldo yang Anda di rekening bank atau dompet digital Anda bisa tercatat dan terpantau dengan baik. 

Scroll to Top