aktivasi notifikasi bank

Pentingnya Aktivasi Sistem Notifikasi Transaksi Rekening Bank

Mengenai fitur dan Aktivasi, setiap bank memiliki beberapa layanan yang memudahkan para nasabahnya untuk mengecek setiap transaksi masuk dan keluar pada rekening yang dimilikinya. Terutama bagi pebisnis yang menggunakan rekening sebagai alat pembayaran. Pebisnis sangat disarankan untuk selalu mengecek mutasi rekening secara rutin dan bisa dilakukan dengan bantuan bukubank.

Aktivasi Sistem Notifikasi pada Transaksi Rekening Bank Dianggap Penting, Mengapa?

Bagi Anda yang memiliki rekening sebagai alat pembayaran saat belanja online maupun bagi para pebisnis yang menggunakan rekening sebagai alat pembayaran untuk para customers, akan lebih baik jika Anda mengaktifkan fasilitas notifikasi. Namun hal ini bukanlah sesuatu hal yang wajib atau opsional karena aktivasi tersebut tergantung dengan permintaan nasabah.

Mengaktifkan notifikasi dapat mencegah tindak kejahatan karena Anda akan selalu mendapatkan notifikasi atas setiap dana yang masuk dan keluar dari rekening. Notifikasi akan dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel pemilik rekening. Setiap notifikasi yang masuk akan dikenakan biaya. Namun Anda bisa meminta notifikasi muncul pada jumlah minimal transaksi tertentu.

Selain dikirimkan melalui SMS, jika Anda menggunakan layanan ibanking, notifikasi juga akan dikirimkan melalui email.  Anda juga bisa menggunakan bantuan bukubank agar bisa mengetahui laporan mutasi pada rekening Anda. Terdapat beberapa hal yang menjadikan notifikasi tersebut dianggap penting dan menguntungkan para nasabah antara lain :

1. Dengan Aktivasi, nasabah dapat mengetahui aktivitas mencurigakan yang terjadi pada rekening

Notifikasi akan membantu nasabah dalam mengetahui setiap aktivitas mencurigakan yang terjadi pada rekening mereka. Apabila mereka mendapati saldo rekening berkurang padahal nasabah tidak melakukannya, maka nasabah dapat mengetahuinya melalui notifikasi tersebut. Sehingga mereka dapat segera melakukan pengaduan pada bank.

Adanya fasilitas notifikasi tidak dapat menjamin keamanan rekening sepenuhnya. Namun dengan menggunakan fasilitas tersebut, nasabah dapat mencegah tindakan kejahatan dengan sesegera mungkin dan juga mengurangi resiko kerugian. Notifikasi didapatkan oleh nasabah apabila tidak ada kendala pada sinyal maupun sistem yang bermasalah.

2. Tindakan pengamanan dapat dilakukan secara cepat

Notifikasi berupa laporan mutasi pada rekening Anda yang mencurigakan dapat Anda adukan dan pihak yang berwenang dapat segera melakukan tindak pengamanan secara cepat. Ketika ada aktivitas mencurigakan pada rekening, tindakan pemblokiran rekening dapat segera dilakukan. Selain itu, pihak yang berwenang juga dapat memblokir kartu.

Tindakan pemblokiran tersebut dilakukan supaya saldo rekening nasabah tidak berkurang terus-menerus. Aktivitas mencurigakan juga dapat dihentikan dengan melakukan pemblokiran kartu dan rekening. Setelah dilakukan pemblokiran, maka nasabah tidak akan kehilangan uang yang tersimpan pada rekeningnya lagi.

3. Nasabah dapat memantau pemasukan pengeluaran keuangan secara langsung

Dengan aktivasi notifikasi, maka nasabah akan mengetahui secara langsung setiap pemasukan dan pengeluaran pada rekeningnya. Terlebih lagi untuk para pebisnis online, notifikasi akan memudahkan mereka dalam mengecek setiap dana yang masuk dan keluar di rekening mereka.

Notifikasi akan muncul setelah adanya transaksi dan tidak berselang lama. Namun hal tersebut tergantung denga nada atau tidaknya permasalahan pada sinyal maupun sistem. Oleh karena itu pastikan Anda berada di tempat yang tidak terkendala sinyal.

Dengan mengetahui beberapa hal di atas, maka lebih baik para nasabah mengaktifkan notifikasi supaya dapat meminimalisir tindakan kejahatan yang menyerang rekeningnya. Anda juga bisa menggunakan bukubank.com supaya dapat selalu mengecek setiap mutasi rekening pada rekening Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya sebagai sistem pembayaran.

Scroll to Top