Tips Cerdas Mengelola Rekening Bank bagi Pebisnis Online

Membangun sebuah bisnis online harus diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang baik. Akan lebih baik lagi jika pebisnis memiliki rekening lebih dari satu untuk dibedakan antara rekening pribadi dan juga beberapa rekening untuk bisnis. Anda juga perlu menggunakan bukubank untuk membantu dalam pengelolaan rekening bank dalam mengecek berbagai transaksi yang masuk dalam bisnis Anda.

Beberapa Tips Cerdas Mengelola Rekening Bank untuk Para Pebisnis Online

Apabila Anda membangun bisnis dengan menjual produk atau jasa, supaya penghasilan yang didapatkan tidak tercampur dengan uang pribadi, sebaiknya Anda membuka rekening lebih dari satu yang dikhususkan untuk keperluan transaksi oleh customers. Tentunya hal ini juga akan menguntungkan customers karena mereka tidak akan terbebani dengan biaya admin antar bank.

Namun, para pebisnis juga harus pintar mengelola rekening agar kelancaran bisnis dapat berjalan tanpa hambatan. Pastikan setiap rekening aktif sehingga customers dapat membayar biaya jasa atau produk bisnis Anda dengan mudah. Jangan mencampur adukkan rekening satu dengan lainnya supaya Anda bisa mengetahui secara rinci setiap pemasukan pada beberapa rekening bisnis yang Anda kelola.

Supaya pengelolaan rekening tidak menemui kendala, cobalah untuk melakukan beberapa tips cerdas berikut ini :

1. Mengelola Penyusunan budget

Tips ini berlaku untuk para pebisnis yang mempunyai bisnis penjualan produk selain sistem dropship. Karena sebelum memulai bisnis, pasti membutuhkan modal besar untuk berbelanja bahan-bahan maupun kebutuhan lain yang digunakan untuk menunjang bisnis. Setelah bisnis berjalan, Anda harus melakukan penyusunan budget secara rutin setiap bulannya.

Anda harus mencatat apa saja yang dibutuhkan dalam satu bulan meskipun terkadang kebutuhan bisnis Anda kemungkinan mengalami perubahan setiap bulannya. Siapkan dana yang cukup untuk melakukan budgeting ini. Buatlah perencanaan yang matang supaya mudah dalam menghitung estimasi pengeluaran dan melakukan pembatasan anggaran belanja.

2. Pengamatan pemasukan dan pengeluaran

Dalam mengelola bisnis ukm, Anda harus memiliki catatan arus kas yang di dalamnya berisi pemasukan dan pengeluaran. Adanya keseimbangan pemasukan dan pengeluaran mengindikasikan arus kas yang sehat. Pastikan pengeluaran pada bisnis Anda tidak lebih besar daripada pemasukan supaya tidak terjadi kerugian. Selalu pantau saldo rekening bisnis.

Anda juga bisa menggunakan bantuan bukubank dalam mengelola rekening bisnis karena mutasi rekening dapat dicek dengan mudah. Hal tersebut dapat mencegah adanya pengeluaran yang tak terduga pada bisnis Anda. Catatan arus kas harus selalu di-update setiap ada pemasukan maupun pengeluaran pada rekening bisnis yang Anda kelola.

3. Pelaksanaan evaluasi secara rutin

Jika Anda berniat dalam menjalankan bisnis, maka Anda wajib melakukan evaluasi secara rutin. Evaluasi harus dilakukan secara mingguan maupun bulanan. Evaluasi mingguan dilakukan supaya Anda mengetahui seperti apa performa bisnis yang Anda jalankan. Anda bisa mencatat apa saja yang harus dibenahi dan apa saja yang perlu dipertahankan.

Setelah melihat perkembangan bisnis yang meningkat cukup signifikan pada evaluasi mingguan, maka jangan sampai terlena. Anda tetap harus melakukan evaluasi bulanan dengan mengukur seperti apa kemampuan bisnis Anda. Sesekali buatlah promosi pada produk bisnis dengan menimbang keuntungan yang akan didapat supaya omzet penjualan Anda meningkat.

Mengelola rekening bisnis bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi jika rekening yang Anda gunakan sebagai alat pembayaran berjumlah lebih dari satu. Oleh karena itu, gunakanlah bukubank.com untuk membantu pengelolaan rekening bisnis Anda supaya lebih mudah.

Scroll to Top