sistem penunjang toko online yang wajib diketahui

Sistem Penunjang Toko Online yang Wajib Diketahui

Menjalankan bisnis berbasis online beberapa waktu belakangan sedang menjadi trend dan banyak diminati. Anda bisa memulai membuka toko online sendiri di platform media sosial atau bisa juga dengan membuka toko online di platform e-commerce besar. Hal yang tak kalah penting saat Anda menjalankan bisnis ini adalah sistem penunjang lain yang memudahkan dalam aktivitas jual beli. Salah satunya bisa Anda dapatkan melalui bukubank. 

Aplikasi Apa Saja yang Dibutuhkan sebagai Sistem Penunjang Toko Online yang Wajib Ada 

Setiap jenis bisnis online tidak bisa dilakukan sendiri. Harus ada sistem penunjang yang akan mendukung segala aktivitas dan transaksi jual beli hingga pengiriman barang agar sampai ke tangan pembeli dengan selamat. Lalu apa saja sistem penunjang tersebut?

1. Aplikasi untuk Berjualan 

Menjalankan bisnis secara online tentu harus ada platform dimana Anda bisa menjual produk. Saat ini sudah ada banyak pilihan platform untuk jualan online yang bisa Anda pilih. Ada platform e-commerce yang berskala besar dengan pengguna yang juga besar, atau pilihan lainnya adalah membuat situs jualan sendiri. 

Jika Anda memilih opsi kedua, Anda bisa memanfaatkan website atau situs media sosial. Semua sistem penunjang untuk bisnis berbasis online sudah pasti memiliki nilai lebih dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memanfaatkan media sosial tidak hanya sebagai media utama berjualan namun juga memasang iklan produk.

2. Aplikasi Pesan Instan 

Sistem penunjang dalam menjalankan bisnis online berikutnya adalah aplikasi pesan instan. Ini adalah sistem penunjang yang sangat penting dalam bisnis berbasis online, karena hanya dengan aplikasi pesan instan inilah Anda bisa berkomunikasi dengan konsumen. 

Apabila Anda berjualan melalui situs e-commerce, maka di dalamnya biasanya sudah tersedia fitur dimana Anda bisa berkomunikasi dengan pembeli. Inilah kenapa e-commerce lebih banyak diminati oleh konsumen.

3. Aplikasi untuk Mengecek Transaksi dan Mutasi Rekening 

Saat berbisnis online, Anda membutuhkan rekening bank sebagai sarana pembayaran yang bisa digunakan oleh konsumen. Setiap konsumen pasti memiliki pilihan transfer melalui rekening yang berbeda-beda. Belum lagi, Anda harus memantau apakah konsumen sudah transfer atau belum lalu melakukan verifikasi. 

Semua pekerjaan itu akan sangat merepotkan jika Anda hanya memanfaatkan layanan mbanking atau internet banking. Maka untuk memudahkannya, ada bukubank yang bisa Anda manfaatkan. Melalui satu aplikasi ini Anda bisa melakukan berbagai fungsi sekaligus. 

Melalui satu aplikasi ini Anda bisa memantau pembayaran atau transaksi dari konsumen dalam satu tampilan dashboard. Anda bisa memantau mutasi rekening Anda dengan lebih mudah. Tidak hanya itu, aplikasi ini pun memungkinkan Anda untuk melakukan verifikasi pembayaran secara otomatis dengan kode unik. 

Menariknya lagi, tidak hanya 1 akun bank saja yang bisa Anda kelola dengan menggunakan aplikasi ini. Anda bahkan bisa memantau dan mengelola beberapa akun sekaligus dan sudah mendukung bank-bank nasional Indonesia. 

4. Aplikasi Jasa Kirim 

Terakhir adalah aplikasi jasa pengiriman. Ini adalah sistem penunjang yang juga sangat penting karena berperan mengantarkan atau mengirimkan pesanan konsumen hingga sampai ke alamat rumahnya. Alasan lain mengapa biasanya konsumen lebih tertarik belanja online di situs e-commerce adalah karena adanya penawaran gratis ongkir. 

Itu tadi adalah 4 sistem penunang toko online yang wajib Anda ketahui sebelum mulai menjalankan bisnis berbasis online. Dengan adanya sistem penunjang tersebut tentu berperan dalam menunjang operasional toko Anda menjadi lebih efektif dan mudah. Apalagi jika Anda menggunakan bukubank untuk mengelola setiap pembayaran dari konsumen. 

Scroll to Top