7 Kiat Sukses untuk Pengusaha Online Pemula

Bisnis berbasis online merupakan sebuah trend bisnis baru yang sangat diminati karena menjanjikan peluang cukup besar. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya konsumen yang memilih berbelanja online melalui berbagai situs e-commerce. Kalau Anda berminat menjadi pengusaha online dan ingin memulai sendiri bisnis online ini, ada beberapa kiat yang bisa Anda ikuti. Jangan lupa juga gunakan bukubank untuk mempermudah pengelolaan keuangan Anda. 

Kiat Sukses Menjadi Pengusaha Online untuk Pemula 

Memulai bisnis online pada dasarnya tidaklah sesulit bisnis offline. Koneksi internet yang semakin mudah diakses, ditambah modal yang tidak perlu begitu besar membuat siapa saja bisa memulai bisnis ini. Meski begitu untuk pemula yang benar-benar baru memulai dari nol, mungkin butuh usaha lebih. Oleh karena itu, Anda bisa menerapkan kiat-kiat berikut. 

1. Pengusaha Online Wajib mempelajari Peluang dan Kompetitor 

Tentu setiap pilihan ini memiliki resiko dan peluang masing-masing. Jika memulai ide bisnis yang sedang trend, Anda bisa mendapat peluang mendapatkan omzet yang cukup menjanjikan. Namun, tentu harus menghadapi persaingan dengan penjual lain dengan ide yang sama. 

Begitu pula jika Anda memulai ide bisnis baru. Anda mungkin akan kesulitan mencapai pasar, namun ketika produk dan toko online sudah dikenal, Anda tidak perlu khawatir dengan tingkat persaingan yang tinggi. 

2. Temukan Ide Bisnis yang Akan Dijalankan

Semakin meningkat trend bisnis online, tentu semakin tinggi pula persaingannya. Karena itu, sebelum memulai, pengusaha online harus lebih dulu melakukan riset produk apa yang akan jual. Apakah akan menjual produk yang sedang trend, atau mencoba menjual sesuatu yang baru.

3. Bangun Branding 

Setelah tadi Anda memilih ide produk, secara otomatis Anda akan mempelajari Kompetitor dalam bidang yang sama atau serupa. Darisini, Anda kemudian bisa mulai melakukan langkah awal untuk mengenalkan brand jualan online Anda. Bagi yang baru memulai, kegiatan branding ini mungkin akan sedikit sulit karena sebelumnya belum ada yang mengenal. 

4. Tingkatkan Brand Awareness

Branding yang menarik tentu akan membuat konsumen lebih mudah mengingat produk Anda. Terlebih lagi, jika Anda mau menginvestasikan modal lebih untuk branding, maka bisa semakin membantu meningkatkan awareness konsumen sehingga bisa turut meningkatkan omzet penjualan. 

5. Jangan Ragu untuk Berinovasi 

Kiat selanjutnya adalah coba berinovasi. Sebelum Anda, pasti sudah ada lebih banyak orang yang memulai bisnis ini, jika tidak berinovasi maka tidak akan ada yang membedakan bisnis Anda dengan orang lain. Contoh paling dasar adalah otomasi bisnis yang akan memudahkan pengelolaan bisnis Anda. 

6. Jaga Kualitas Produk 

Jika Anda sudah memiliki brand yang baik di mata konsumen, kiat yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah menjaga kualitas produk. Kualitas produk yang menurun akan turut menurunkan penjualan. Karena itu, dengan menjaga kualitas, setidaknya Anda bisa menjaga agar penjualan tetap stabil. 

7. Otomasi Pembayaran untuk Memudahkan

Misalnya otomasi dalam pengelolaan keuangan yang bisa Anda lakukan dengan bantuan bukubank. Sistem ini akan membantu anda dalam mengelola pembayaran dari konsumen hingga mengelola mutasi rekening dengan mudah. 

Melalui layanan ini, cek transaksi semakin dimudahkan karena semua sudah dilakukan secara otomatis termasuk verifikasi pembayaran. Ditambah lagi, Anda bisa mengintegrasikan dengan bisnis yang Anda jalankan dan nantinya setiap aktivitas transfer yang masuk bisa Anda pantau lebih cepat. Ditambah lagi, melalui situs bukubank.com ini Anda bisa mengelola beberapa akun rekening bank sekaligus. 

Itu tadi hanya sedikit dari kiat yang bisa Anda terapkan untuk membuka bisnis online bagi pemula. Masih ada banyak kiat lainnya yang bisa Anda pelajari sebelum memulai bisnis berbasis online. Meski menawarkan peluang menjanjikan, namun jika tidak mempelajarinya lebih dulu, Anda pasti akan mengalami kesulitan. Jangan lupa manfaatkan layanan otomasi dari bukubank untuk semakin memudahkan Anda dalam mengelola transaksi dan mutasi rekening bank yang Anda gunakan dalam bisnis yang Anda jalankan.

Scroll to Top