7 Fungsi Sistem Pembayaran Otomatis dalam E-Commerce

Adanya sistem pembayaran otomatis atau payment gateway sebenarnya sangat menguntungkan para pemilik usaha online. Pembeli dan pemilik toko dapat melakukan jual beli tanpa perlu saling bertatap muka dengan cara yang menyenangkan. Kemudahan tersebut dapat berjalan baik tanpa harus melakukan verifikasi manual. Salah satu aplikasi yang relevan terkait hal ini adalah Bukubank.

Manfaat Sistem Pembayaran Otomatis Bagi E-Commerce

1. Mempercepat Skema Sistem Transaksi

Seluruh transaksi berjalan secara otomatis sehingga menjadi lebih cepat dibanding metode konvensional. Inilah keuntungan paling besar berkat adanya payment gateway di mana konsumen dan toko daring terhubung langsung dengan perbankan atau instansi keuangan lain melalui plugin khusus. Bahkan, proses tersebut bisa berlangsung dalam beberapa detik saja.

Umumnya, tanpa bantuan payment gateway, setiap pembeli diharuskan melakukan transfer manual kepada pemilik toko online, lalu menunggu respon yang bersangkutan. Metode sejenis ini tentu kurang tepat jika diterapkan pada usaha dengan basis pelanggan yang besar karena dijamin akan kewalahan. Terlebih, pembeli masa kini lebih suka yang instan.

2. Menyediakan Metode Payment Bervariasi

Payment gateway menyediakan beragam metode pembayaran yang mampu mengakomodir kebutuhan pelanggan dari berbagai lapisan masyarakat. Ada yang menggunakan rekening bank, ada pula dompet digital, semuanya telah difasilitasi melalui plugin khusus ini.

Adanya skema pembayaran yang diautomatisasi sebenarnya juga menunjang kemajuan bisnis online. Pasalnya, Anda dapat menghemat biaya non-operasional seperti gaji admin sehingga modal yang dimiliki bisa dialokasikan untuk kepentingan lain.

3. Mendukung Kemudahan Instalasi Sistem

Cukup mudah menginstal payment gateway untuk mendukung tata kelola finansial usaha Anda, terlebih jika menggunakan Bukubank. Pasalnya, pemilik bisnis hanya perlu melakukan registrasi di sistem yang tersedia, serta mendaftarkan akun perbankan di mana kerahasiaannya terjamin.

Melalui pemanfaatan robot, pihak developer akan memantau lalu-lintas akun Anda, serta mengirimkan notifikasi melalui URL, Telegram, serta email setiap ada catatan laporan mutasi baru. Laporan tersebut bisa Anda akses selama 24 jam penuh per pekan.

4. Menjangkau Lebih Banyak Wilayah

Seiring berjalannya waktu, tentu Anda perlu mengembangkan jangkauan konsumen bahkan jika memungkinkan hingga ke mancanegara. Sayang jika usaha untuk jualan online berhenti di dalam negeri, padahal ada kesempatan untuk ekspansi.

Tentu, hal itu tidak akan mudah mengingat ketatnya persaingan. Namun, berkat adanya payment gateaway, setidaknya metode pembayaran bukan lagi jadi masalah besar. Anda dapat meningkatkan omzet dengan memperbesar basis pelanggan.

5. Melayani Transaksi Tanpa Batas

Tidak hanya dari segi wilayah, payment gateway juga mendukung perputaran bisnis dengan sistem verifikasi pembayaran tanpa batas waktu, dapat dilakukan di mana pun, kapan pun, dan menggunakan alat tukar yang sah jenis apa pun.

Pengaturan otomatis memungkinkan semua itu. Anda tidak harus stay 24/7 untuk melakukan monitoring manual laporan keuangan, bukankah kemudahan sejenis ini sangat menarik?

6. Mendukung Implementasi WooCommerce

WooComerce merupakan plugin yang akan melengkapi kesuksesan usaha Anda. Payment gateway dapat mengakomodir beragam fitur dalam rangka optimalisasi toko daring.

Anda bisa dengan mudah mengelola UKM berbasis digital. Kemudian sisanya, hanya perlu konsistensi dan kesabaran dalam prosesnya.

7. Tidak perlu membuka banyak rekening

Anda tidak perlu memiliki rekening di banyak jenis perbankan. Cukup tentukan satu atau dua saja, misalnya BCA.

Pasalnya, payment gateway akan melakukan integrasi sistem finansial di dalam bisnis Anda. Antara satu instansi dengan instansi lain akan terintegrasi secara otomatis pada satu sistem yang sama.

Bukubank adalah salah satu contoh payment gateway terbaik yang bisa Anda akses di Indonesia. Menawarkan jaminan keamanan, kemudahan validasi pembayaran, dengan tarif sistem relatif terjangkau melalui situs https://bukubank.com/.

Scroll to Top