Cara Cek Riwayat Transaksi Bank Manual dan Otomatis

Uang yang ada dalam rekening bank akan selalu tercatat perubahannya ketika terjadi sebuah transaksi. Sehingga Anda dapat mengetahui seluruh  aktivitas yang terjadi pada tabungan Anda sejak pembuatan rekening sampai transaksi yang terakhir. Adanya bukubank menjadikan Anda dapat mengetahui riwayat transaksi tanpa harus mencari bukti transaksi setiap terjadi perubahan saldo dengan sangat mudah.

Cara Mengetahui Riwayat Transaksi yang Pernah Terjadi

1. Melalui Teller Bank

Cara ini merupakan cara manual yang bisa Anda lakukan ketika ingin mengetahui mutasi yang terjadi pada tabungan yang Anda miliki. Anda hanya memerlukan kartu identitas, bisa berupa KTP dan buku tabungan di bank yang akan Anda kunjungi.

Selanjutnya, setelah Anda sampai, Anda bisa langsung mengambil nomor antrean dan menunggu sampai giliran Anda mendapatkan pelayanan. Setelah teller mempersilahkan kepada Anda, Anda dapat langsung menyebutkan keperluan yang Anda butuhkan, yaitu mencetak buku tabungan.

2. Melalui Mesin ATM

Dengan memilih cara ini, dapat mempersingkat waktu Anda, karena Anda tidak perlu mengantre sampai giliran Anda dipanggil. Anda juga hanya memerlukan kartu ATM saja untuk melakukan pengecekan transaksi. Supaya Anda tidak dikenai biaya tambahan, untuk melakukan pemeriksaan, misal rekening bca, Anda bisa menggunakan ATM yang sama pula.

Sesampainya Anda di ATM, Anda hanya perlu memasukkan kartu ATM pada slot yang tersedia, kemudian ikuti langkah untuk mencetak riwayat pemakaian dana yang sudah Anda lakukan. Menu yang harus dipilih yaitu mutasi rekening. Setelah Anda selesai melakukan langkahnya, akan keluar struk yang berisikan catatan mutasi pada rekening Anda.

Setelah selesai, jangan lupa untuk mengambil kartu ATM Anda, karena kerap sekali terjadi kecerobohan. Pengecekan kondisi keuangan melalui ATM hanya dapat dilakukan untuk 5 transaksi yang terakhir. Sehingga Anda bisa melakukannya secara berkala.

3. Menggunakan Aplikasi Cek Riwayat Transaksi

Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk melakukan pemeriksaan mutasi rekening Anda. Anda dapat memakai aplikasi bukubank. Aplikasi tersebut sangat cocok digunakan oleh mereka yang menjalankan bisnis online. Karena mereka yang paling membutuhkan untuk melakukan pemeriksaan tabungan.

Selain itu, bagi pemilik toko online juga bisa memakai aplikasi ini, sehingga mutasi dapat dilihat dengan mudah, tanpa harus mengunjungi tempat yang jauh. Riwayat transaksi yang bisa diperiksa juga tidak terbatas pada 5 transaksi yang terakhir saja.

Aplikasi tersebut dapat digunakan pada semua bank nasional yang ada di Indonesia, seperti mandiri dan lainnya. kemudahan ini dapat mempermudah penghitungan omzet yang telah diperoleh oleh seorang pengusaha.

4. Melalui mbanking

Dengan memanfaat fitur yang tersedia di tempat penyimpanan tertentu, dapat memudahkan Anda dalam melakukan pengecekan saldo dengan efektif. Misalnya saja di bri, Anda bisa menggunakan fasilitas mbanking yang tersedia. Langkah ini memerlukan pulsa, karena pemberitahuan akan disampaikan melalui SMS.

Anda tidak perlu langsung datang, baik ke kantor cabang ataupun ke ATM. Anda cukup berada di rumah saja. Apalagi dengan situasi covid-19 yang mengharuskan Anda lebih banyak berada di rumah, fasilitas ini sangatlah mendukung.

5. Melalui ibanking

Fasilitas ini tidak berbeda jauh dengan poin nomor 4, hanya saja cara ini hanya memerlukan koneksi internet saja. Anda dapat melakukan pemeriksaan rekening melalui perangkat smartphone maupun PC.

Anda bisa membuka browser dan memasukkan alamat yang sesuai, ketika Anda akan memeriksa pada rekening bni, maka Anda harus memasukkan alamat terkait bni. Inilah kemudahan Anda memanfaatkan fitur yang telah tersedia.

Cara yang telah disebutkan di atas dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, berkaitan dengan situasi pandemi, akan lebih aman jika Anda menggunakan bukubank. Selain memeriksa riwayat transaksi, masih banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dari aplikasi tersebut.

Scroll to Top