Jenis-Jenis Bukti Transaksi Pembayaran yang Paling Populer

Bagi yang seringkali sudah lama berkecimpung dalam dunia akuntansi, maka istilah bukti pembayaran bukanlah hal yang asing. Di dunia ini ada beberapa jenis bukti transaksi pembayaran, dan semuanya terdiri atas bentuk yang berbeda dan format yang tidak sama antara satu sama lain. Seperti Bukubank yang memberi bukti berupa laporan tertentu pada penggunanya, ada pula beberapa jenis bukti lain yang tidak kalah penting.

Inilah Jenis Bukti Transaksi Pembayaran yang Terkenal

1. Cek

Jenis bukti pembayaran yang seringkali digunakan dalam dunia bisnis tentu saja adalah cek. Bukti yang satu ini awalnya dibuat oleh suatu pihak yang memiliki rekening bank di suatu tempat dan berfungsi agar pihak bank itu mampu membayar uang dengan nominal tertentu kepada seseorang yang namanya sudah tertulis pada cek tersebut.

Cek ini terdiri atas dua bagian. Pada bagian kanan, cek ini bisa diberikan kepada pihak yang memang menjadi penerima atas pembayaran cek sedangkan pada sebelah kiri digunakan sebagai bukti arsip oleh pihak yang menandatangani cek itu. Berbeda dengan bukti ATM yang hanya menyertakan saldo dan jumlah uang yang Anda keluarkan.

2. Nota Debet

Jenis yang kedua ini biasanya dijadikan sebagai sebuah perhitungan yang dikirimkan oleh suatu badan usaha kepada konsumen. Umumnya isi dari nota tersebut memberitahukan kepada pihak lain bahwa saldo pada akun mereka telah didebet dalam jumlah tertentu.

Umumnya nota debet ini berbentuk dokumen, dan menjadi bukti yang berisi informasi tertentu seperti pengiriman kembali karena ada barang yang rusak atau tidak sesuai dengan apa yang telah dipesan sebelumnya. Biasanya nota ini seringkali diterapkan oleh perusahaan namun ada pula bisnis online yang juga turut serta memanfaatkan hal ini.

3. Struk

Struk bisa dikatakan sebagai jenis bukti pembayaran yang memang paling terkenal dan lebih familiar di telinga masyarakat. Kini ketika membeli secara offline ataupun memanfaatkan aplikasi cek mutasi, pengguna akan memperoleh struk kecil yang berisikan proses yang sebelumnya sudah mereka lakukan.

Biasanya struk bisa Anda peroleh ketika sedang berbelanja di toko atau supermarket terdekat, ataupun ketika Anda sudah melakukan proses jual beli di toko online. Tidak hanya itu, struk ini pun sudah terbukti sangat ampuh dan efisien sebab bentuknya yang kecil tidak akan menyita beberapa waktu yang terlalu lama untuk mengetahui proses keuangan apa saja yang sebelumnya terjadi.

4. Kuitansi

Kuitansi lebih sering digunakan terlebih pada dunia pendidikan sebagai bukti bahwa seseorang sudah menerima uang. Bukti pembayaran yang satu ini pun ditandatangani dan dibuat oleh pihak yang akan menerima uang, lalu nanti diserahkan pada mereka yang membayar.

Bukti yang satu ini terkadang juga dilakukan oleh pihak yang melakukan jualan online dan bertemu secara langsung dengan pembelinya. Dengan begitu, pembeli pun akan merasa tenang ketika produknya tidak sesuai dengan keinginannya.

5. Bukti Transaksi Mobile Banking

Pada masa sekarang ini, berbagai macam kegiatan bisa dilakukan secara online dan hanya mengandalkan internet saja, sehingga proses bertransaksi pun bisa semakin efisien. Ketika memakai Bukubank, pengguna pun akan diberi laporan berupa bukti transfer secara otomatis dan tidak akan memakan waktu yang terlalu untuk memperolehnya.

Aplikasi tersebut akan meminta penggunanya untuk melakukan proses validasi terlebih dahulu. Kemudian, Anda tinggal menghubungkannya dengan rekening bank yang dimiliki untuk melakukan proses yang selanjutnya dengan praktis.

Aplikasi ini sangat efektif untuk digunakan sebab Anda hanya tinggal melakukan proses instalasi dan sistem verifikasi pembayaran pun akan terjadi secara ringkas. Dengan begitu, Anda pun tidak akan kerepotan harus pergi keluar terlebih dahulu untuk memperoleh bukti pembayaran tersebut.

Kini berbagai macam bukti pembayaran sudah semakin marak dan bentuknya pun semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman. Karena itulah, Bukubank hadir sebagai salah satu pihak yang bisa memberi bukti secara online. Kunjungilah https://bukubank.com/ dan rasakan manfaat dari aplikasi keren yang satu ini.

Scroll to Top